Kopi Hitam Cocok Dinikmati Saat Sarapan, Ini 5 Faktanya

Riska Fitria - detikFood Minggu, 01 Nov 2020 05:00 WIB
Minum Kopi Hitam Bagus untuk Sarapan? Ini 5 Faktanya Foto: iStock
Jakarta -

Mengonsumsi kopi hitam banyak dipilih untuk memulai hari. Kopi hitam memang menyehatkan, tetapi juga memiliki efek samping. Ini faktanya.

Bagi kebanyakan orang kopi bukanlah sekadar minuman, melainkan asupan yang dapat meningkatkan energi. Racikan kopi hitam tanpa gula banyak dipilih orang-orang.

Kopi hitam tanpa gula memiliki sederet manfaat untuk kesehatan tubuh. Di samping itu, racikan kopi hitam juga bisa menyebabkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.

Selain itu, apakah aman mengonsumsi kopi hitam dalam keadaan perut kosong? Dilansir dari berbagai sumberada banyak fakta tentang kopi hitam yang berkaitan dengan kesehatan.

Berikut 5 fakta tentang kopi hitam.

1. Apa Itu Kopi Hitam?

Minum Kopi Hitam Bagus untuk Sarapan? Ini 5 FaktanyaMinum Kopi Hitam Bagus untuk Sarapan? Ini 5 Faktanya Foto: iStock

Kopi hitam biasanya diracik dari biji kopi bubuk dan air. Beberapa orang mungkin lebih suka menambahkan gula, susu atau campuran lainnya ke racikan kopi hitam.

Namun secara umum, orang lebih menyukai kopi hitam tanpa tambahan apapun. Karenanya kopi hitam yang diseduh tidak mengandung makronutrien, karbohidrat, protein, atau lemak dalam jumlah yang signifikan.

Dalam 1 cangkir (227 ml) air kopi hitam, biasanya mengandung potassium sebanyak 4 %. Sementara kandungan, lemak, kolesterol, sodium, gula dan karbohidratnya 0%.

Untuk jumlah kafeinnya sendiri, secangkir kopi hitam sebanyak mengandung 50 hingga 500 miligram kafein.

Baca Juga : Khasiat Minum Kopi Hitam di Pagi Hari Bisa Turunkan Berat Badan

2. Manfaat Kopi Hitam

Minum Kopi Hitam Bagus untuk Sarapan? Ini 5 FaktanyaMinum Kopi Hitam Bagus untuk Sarapan? Ini 5 Faktanya Foto: iStock

Kopi hitam memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Kopi hitam kaya akan antioksidan yang bisa menjaga tekanan darah.

Sebuah penelitian mengungkap jika seseorang secara teratur mengonsumsi satu atau dua cangkir kopi hitam setiap hari, maka risiko mereka terkena penyakit jantung bisa berkurang.

Selain itu, kopi hitam juga dapat meningkatkan daya ingat dari waktu ke waktu. Jadi, bisa melindungi seseorang dari penyakit Alzheimer yang disebabkan oleh usia.

Belum banyak yang mengetahui bahwa konsumsi kopi hitam juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati termasuk mencegah kanker hati, hepatitis bahkan bisa menurunkan berat badan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Review Nasi Kebuli hingga Ceker Mercon"
[Gambas:Video 20detik]