Minuman Susu Kekinian

Resep Korean Strawberry Milk Latte yang Asam Segar

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 06 Nov 2020 13:00 WIB
Korean Strawberry Milk Latte Foto: iStock
FOKUS BERITA Minuman Susu Kekinian
Jakarta -

Korean Strawberry Milk Latte jadi minuman susu kekinian yang digemari. Minuman ini viral usai kepopuleran kopi dalgona mulai redup. Begini resepnya!

Ada banyak makanan dan minuman viral dari Korea Selatan yang berhasil memikat banyak foodies di seluruh dunia. Saat awal pandemi Covid-19, misalnya, ada es kopi dalgona yang praktis dibuat.

Lalu ada Korean garlic cheese bread yang fenomenal dan menghebohkan warga Indonesia. Juga sandwich telur plus keju khas Korea yang praktis untuk sarapan.

Kini Korea Selatan kembali menawarkan varian minuman susu yang terlihat kekinian. Susu pisang dari Korea memang fenomenal, tapi Korean Strawberry Milk Latte tak kalah nikmat.

Susu segar ditambahkan selai stroberi yang asam manis, kemudian disajikan dengan es batu yang segar. Sangat cocok jika Korean Strawberry Milk Latte dinikmati saat cuaca panas.

Berikut resep Korean Strawberry Milk Latte yang asam menyegarkan:

1. Populer Usai Es Kopi Dalgona

Korean Strawberry Milk LatteKorean Strawberry Milk Latte Foto: iStock

Beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial sajian es kopi dalgona yang asalnya dari Korea Selatan. Semua orang heboh membuat es kopi dalgona yang rasanya nikmat. Setelah tren es kopi dalgona meredup, varian es berbahan susu dan campuran stroberi mulai populer hingga kini.

Kreasi itu bernama Korean Strawberry Milk Latte, dibuat dari susu dan selai stroberi sebagai bahan utamanya.

Korean Strawberry Milk Latte banyak ditawarkan kafe-kafe di Korea Selatan. Tapi tak jarang banyak juga yang membuat susu kekinian ini di rumah karena caranya mudah.

Baca Juga: Mengenal Hokkaido Milk, Susu Jepang yang Creamy dan Kaya Rasa

2. Nutrisi Susu dan Stroberi

Korean Strawberry Milk LatteKorean Strawberry Milk Latte Foto: iStock

Selain tampilannya yang cantik, susu stroberi ini juga menyehatkan. Pasalnya dibuat dari susu dan selai stroberi yang segar. Kedua bahan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan.

Dalam satu cangkir susu sapi (240 ml) saja mengandung setidaknya mengandung 149 kalori, 7,7 gram protein, 11,7 gram karbohidrat, 12,3 gram gula, dan 8 gram lemak. Susu baik untuk kesehatan tulang karena kaya akan protein, seperti dilansir dari Health Line (25/3).

Sedangkan untuk stroberi dalam 100 gram setidaknya mengandung 32 kalori, 91% air, 0,7 gram protein, 7,7 gram karbohidrat, 4,9 gram gula, 2 gram serat, dan 0,3 gram lemak. Vitamin C yang terkandung di dalam stroberi juga tinggi dan baik untuk kesehatan kulit serta metabolisme, seperti dilansir dari Health Line (27/3).

3. Cara Membuat Selai Stroberi

Korean Strawberry Milk LatteKorean Strawberry Milk Latte Foto: iStock

Kalau ingin membuat Korean Strawberry Milk Latte yang segar, sebelumnya siapkan terlebih dahulu selai stroberi. Bisa menggunakan selai yang ada di pasaran, namun kalau ingin membuatnya sendiri di rumah juga gampang.

Cara membuat selai stroberi ini bisa mengikuti panduan yang diberikan oleh Alison O' Neil presenter Holly Willoughby, dilansir dari Express (24/6). Berikut cara membuat selai stroberi serta bahan-bahannya:

Bahan:
• 1 kg stroberi utuh (cuci bersih)
• 1 buah lemon (ambil airnya)
• 1 kg gula pasir (sesuai selera)

Cara membuat:

1. Cuci bersih stroberi dan potong jadi 2. Kemudian masak stroberi dan tambahkan air lemon. Gunakan api kecil dan aduk dengan lembut.

2. Tambahkan gula pasir lalu aduk kembali perlahan. Masak hingga stroberi menjadi lembek. Namun jangan sampai hancur agar teksturnya masih terasa.

3. Jika sudah lembek dan tercampur rata, matikan api dan biarkan selai stroberi selama 15 menit. Agar selai stroberi dingin dan bisa dikemas.

4. Siapkan wadah toples kaca, lalu pindahkan selai stroberi tersebut ke dalamnya. Tutup selai stroberi hingga rapat. Selai stroberi bisa digunakan untuk membuat Korean Strawberry Milk Latte.

4. Cara Membuat Korean Strawberry Milk Latte

Korean Strawberry Milk LatteKorean Strawberry Milk Latte Foto: iStock

Bagi yang penasaran dengan cara membuat Korean Strawberry Milk Latte, simak resep berikut ini. Caranya mudah dan bahan-bahannya juga mudah didapatkan.

Bahan:
• 3 sdm selai stroberi
• 3 buah stroberi berukuran besar (potong kecil)
• 250 ml susu full cream (dinginkan terlebih dahulu)
• es batu secukupnya

Cara membuat:

1. Masukkan 3 sdm selai stroberi ke dalam gelas saji. Tambahkan juga buah stroberi yang telah dipotong kecil.

2. Tambahkan susu full cream dan beberapa bongkah es batu.

3. Korean Strawberry Milk Latte pun bisa langsung dinikmati.

5. Banyak Ditawarkan Online

Korean Strawberry Milk LatteKorean Strawberry Milk Latte Foto: iStock

Banyak varian susu kekinian yang kini ditawarkan via online, salah satunya Korean Strawberry Milk Latte. Di beberapa toko online yang ada di Instagram, susu stroberi dari Korea ini dikemas dalam botol ukuran kecil hingga 1 liter.

Susu stroberi asam manis segar ini bisa kamu beli di Kyo Milk. Satu botolnya dibanderol harga Rp 22.000 untuk 250 ml.

Tutobeli yang berbasis di Instagram juga menawarkan Korean Strawberry Milk Latte yang tak kalah segar. Harganya dibanderol Rp 20.000 saja per botol 250 ml.

Baca Juga: Susu Pisang Korea Populer Sejak 1974, Berawal dari Masalah Gizi



Simak Video "Susu Kambing di Purwakarta Jadi Buruan Warga untuk Tingkatkan Imun"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)
FOKUS BERITA Minuman Susu Kekinian

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com