Martabak Manis & Gurih

5 Kembaran Martabak Ini Bisa Ditemukan di Malaysia hingga Thailand

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 23 Okt 2020 19:00 WIB
Martabak di Berbagai Negara Foto: Getty Images/iStockphoto
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih
Jakarta -

Eksis di berbagai negara, martabak punya banyak kembaran di negara lain dengan ciri khas dan rasa yang berbeda. Mulai dari murtabak gaya Malaysia, sampai martabak pisang ala Thailand.

Pertama kali dipopulerkan di Arab Saudi dan negara Timur Tengah lainnya. Martabak jadi jajanan sepanjang masa di Indonesia. Uniknya martabak juga punya banyak kembaran serupa di negara lain.

Seperti murtabak gaya Malaysia dan Singapura yang tekstur kulit adonannya lebih tipis. Lalu ada juga martabak isi pisang yang manis disebut dengan nama roti gulay.

Berikut lima kembaran martabak Indonesia di berbagai negara dengan keunikan masing-masing.

Baca Juga: Dari Arab, Martabak Jadi Jajanan Populer Sepanjang Masa

1. Roti Gulay

Martabak di Berbagai NegaraMartabak di Berbagai Negara Foto: Getty Images/iStockphoto

Meski namanya roti gulay, jajanan yang satu tidak menggunakan kuah gulai sama sekali. Roti gulay bisa juga disebut sebagai martabak pisang yang hits jadi jajanan kaki lima di Thailand.

Mirip seperti martabak di Indonesia, roti gulay bisa ditemukan dengan mudah di pinggir jalan hingga tempat makan. Ciri khas roti gulay terdapat pada penggunaan irisan buah pisang di dalam adonan martabak yang tipis.

Bagian dalam pisang dicampur dengan telur dan gula lalu digoreng hingga garing. Kemudian rasa manisnya terdapat dari guyuran susu kental manis hingga sirup cokelat sesuai selera.


2. Murtabak

Martabak di Berbagai NegaraMartabak di Berbagai Negara Foto: Getty Images/iStockphoto

Di Malaysia dan Singapura ada banyak tempat makan murtabak yang merupakan versi lain dari martabak. Berbeda dengan di Indonesia, kebanyakan murtabak dijual di restoran India yang ada di sana.

Tampilan dan pembuatan murtabak sangat mirip dengan martabak telur di Indonesia. Hanya saja adonan murtabak di Malaysia dan Singapura tidak terlalu krispi seperti di Indonesia.

Jika di Indonesia, martabak telur disajikan dengan cocolan saus cuka dan acar. Kalau di Malaysia dan Singapura, murtabak disajikan dengan cocolan kuah kari ayam atau kambing yang khas dan harum di sana.


3. Mutabak

Martabak di Berbagai NegaraMartabak di Berbagai Negara Foto: Getty Images/iStockphoto

Berbagai negara di Timur Tengah memang akrab dengan varian martabak. Salah satunya ada mutabak yang eksis jadi jajanan kaki lima di Yaman. Sekilas tampilannya mirip seperti martabak telur di Indonesia.

Namun yang membedakannya terletak pada isian atau topping mutabak. Biasanya mutabak diisi dengan telur dan daun bawang, serta tambahan daging cincang.

Selain itu banyak juga yang mengisi mutabak ini dengan keju hingga tambahan tomat. Setelah digoreng, tekstur mutabak lebih padat dan kokoh dibandingkan martabak. Rasanya juga lebih kuat karena penggunaan tomat, bawang putih, sampai keju putih.


4. Gozleme

Martabak di Berbagai NegaraMartabak di Berbagai Negara Foto: Getty Images/iStockphoto

Eksis hingga Turki, varian martabak di negara ini lebih dikenal dengan nama gozleme. Tampilannya lebih mirip seperti mutabbaq gaya Arab, hanya saja isiannya lebih hijau dan rasanya lebih kompleks.

Di Turki, gozleme merupakan camilan gurih yang creamy. Bahan wajib untuk membuat martabak ini terletak pada keju feta yang dicampur dengan daging domba atau kambing.

Ketika dicicip, rasa gozleme dominan gurih creamy perpaduan dari keju dan daging. Terdapat juga beberapa isian sayuran yang membuat rasanya lebih kuat dan berbeda dengan yang lain.


5. Roti Kosong

Martabak di Berbagai NegaraMartabak di Berbagai Negara Foto: Getty Images/iStockphoto

Jalan-jalan ke Brunei, kamu akan menemukan banyak kuliner Melayu yang mirip dengan Malaysia hingga Indonesia. Salah satu menu jajanan yang disukai di sana ada roti kosong.

Roti kosong ini sering juga disebut sebagai martabak gaya Brunei. Tampilannya lebih mirip ke roti canai yang dibuat tipis. Sesuai namanya, martabak yang satu ini tidak menggunakan isian apapun.

Bagian dalamnya dibiarkan kosong, dan tekstur kulitnya juga lebih lembut dan tidak terlalu garing. Makanan yang satu ini biasanya disajikan dengan kuah kari yang kental.

Baca Juga: Sumatera Surga Martabak Enak, Ada Martabak Piring hingga HAR



Simak Video "Mangut Lele Mbah Marto yang Legendaris di Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com