7 Bisnis Makanan Kekinian yang Laris untuk Jualan

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 22 Okt 2020 13:30 WIB
Cicip Lukumades, Donat Yunani yang Renyah Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Bisnis makanan kekinian ternyata banyak menarik minat orang untuk mencicip. Jika kamu ingin mencoba belajar berbisnis, maka tak ada salahnya belajar membuat dan coba jualan secara online.

Tren makanan memang berubah. Kalau dulu ramai menjual makanan dengan sensasi rasa pedas, kini beberapa makanan kekinian banyak yang berasal dari makanan Barat yang lebih modern.

Di masa pandemi ini, kebanyakan orang juga ingin menikmati makanan enak di rumah. Jika belum memiliki modal banyak, cobalah menjajal bisnis makanan kecil-kecilan dengan menjual makanan kekinian. Ini beberapa bisnis makanan kekinian yang bisa dicoba.

Jualan apa yang laris?

1. Brulee Bomb

Lekker! Bitterballen Khas Belanda yang Gurih Renyah Ada di 5 Toko Online IniLekker! Bitterballen Khas Belanda yang Gurih Renyah Ada di 5 Toko Online Ini Foto: Instagram


Brulee bomb merupakan camilan enak yang bentuk dan cara membuatnya mirip sepertibitterballen. Namabrulee bomb semakin melejit ketikaNagitaSlavina memulai bisnis makanan berjualanbitterballen yangisiannya lumer dan dinamakan denganbrulee bomb.

Kamu pun bisa membuat ini menjadi ide bisnis. Brulee bomb dijual secara frozen dan bisa disimpan hingga 2 minggu dalam freezer.

Brulee bomb dibuat dengan bahan seperti bawang bombay, bawang putih, smoked beef atau sosis, margarin, tepung terigu, susu cair serta keju mozarella.

Dibalut dengan tepung roti yang digoreng garing dan di dalamnya terasa lembut. Brulee bomb makin enak dinikmati bersama dengan saus tartar ataupun saus sambal.

2. Spaghetti Brulee

Baked spaghettiBaked spaghetti Foto: Instagram


Memiliki konsep 'lumer' seperti brulee bomb, spaghetti brulee dibuat dengan spaghetti yang dimasak dengan saus bolognese dan daging cincang. Kemudian dituang dengan brulee.

Saus cream brulee dibuat dengan mencampurkan mentega, tepung terigu, susu cair, cooking cream hingga keju cheddar parut. Enak dinikmati hangat-hangat.

3. Mango Sago

mango sagomango sago Foto: Semua Bisa Masak Trans TV


Dessert yang dibuat dari buah mangga ini kini tengah jadi trend. Dibuat dengan isian potongan buah mangga dan puding mangga. Semakin enak dipadu bersama dengan kuah creamy susu yang mantap.

Makin enak juga isiannya dipadu dengan sagu mutiara yang dicampur dengan susu evaporasi dan juga susu kental manis. Nikmat disajikan dingin lho.

4. Buko Pandan

Buko pandanBuko pandan Foto: iStock/Instagram


Siapa yang suka dessert ala Filipina ini? Meskipun buko pandan juga terkenal di Sumatera. Hidangan penutup ini terbuat dari campuran kelapa muda, susu kental manis, krim, agar-agar pandan dan sagu mutiara.

Perpaduan warna hijau mudanya dengan aroma khas pandan. Karena dalam proses pembuatannya buko pandan memang dibuat dengan campuran daun pandan. Beberapa orang yang berjualan buko pandan akan mencampurkan serutan keju sebagai toppingnya lho.

5. Bombolone

Mantan manager hotel sukses jualan donat durian pengatMantan manager hotel sukses jualan donat durian pengat Foto: Serene Tay


Bombolone merupakan donat Italia yang bisa jadi peluang bisnis makanan kekinian. Donat tanpa lubang ini biasanya diisi dengan selai di dalamnya.

Nama bomboloni berasal dari kata "bomb" yang menggambarkan bentuknya bulat seperti granat tangan yang siap meledak. Menggambarkan isiannya yang siap meledak di mulut. Jadi bomboloni juga bisa nih jadi pilihan untuk ide bisnis makanan kamu.

6. Sweet Potato Bread

Korean Sweet Potato BreadKorean Sweet Potato Bread Foto: Dok. MasakMasakTransTV


Roti gaya Korea yang satu ini memiliki rasa yang legit dan empuk. Bentuknya memang mirip seperti ubi ungu namun sebenarnya adonan luarnya dibuat dengan campuran tepung tapioka, tepung ketan hingga taro bubuk.

Lalu isiannya dicampurkan dengan ubi manis, mentega, madu dan susu. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Cek resepnya di sini ya.

7. Loukumades

Cicip Lukumades, Donat Yunani yang RenyahCicip Lukumades, Donat Yunani yang Renyah Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Nama asli donat ini Loukumades. Nama Lokma di India dan Luqmat Al-qadl di Arab Saudi. Loukumades dibuat dari adonan tepung yang kemudian digoreng garing.

Penyajian adonan ini diberi campuran sirup gula yang permukaannya sedikit lengket. Donat khas Yunani ini dibuat dengan campuran tepung terigu, ragi, air hangat dan garam. Teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam.

Loukumades juga bisa jadi bisnis makanan kekinian yang bisa dikolaborasikan dengan beberapa topping seperti matcha, cokelat hingga kayu manis.





Simak Video "Chef Arnold, Gibran dan Kaesang Kolaborasi Bisnis Kuliner Lagi!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)