Martabak Manis & Gurih

Sumatera Surga Martabak Enak, Ada Martabak Piring hingga HAR

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 21 Okt 2020 13:30 WIB
Martabak khas Sumatera Foto: Instagram martabakhar
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih
Jakarta -

Tiap daerah punya martabak khas. Di Sumatera, ada martabak piring dan HAR yang unik tampilan dan citarasanya.

Penggemar martabak umumnya hanya mengenal varian manis dan gurih. Martabak manis identik dengan rasa cokelat keju dan martabak gurih berupa martabak telur.

Faktanya martabak di Indonesia ada beragam jenis. Beberapa daerah di Sumatera bahkan terkenal dengan kreasi martabaknya.

Ada martabak khas Aceh, Medan, sampai Bangka. Lantas seperti apa kreasi martabak khas daerah tersebut?

Apa keunikan dan bagaimana rasanya? Berikut detikFood merangkum 5 martabak khas Sumatera yang enak:

1. Aceh - martabak Aceh

Martabak khas SumateraMartabak khas Sumatera Foto: dok. detikFood

Martabak Aceh adalah varian martabak gurih yang punya banyak penggemar di Indonesia. Tampilannya mirip martabak telur, tapi ada yang berbeda.

Martabak Aceh justru lebih persis telur dadar. Martabak ini menempatkan kulitnya di dalam dan telur justru di bagian luarnya.

Martabak dipadukan bawang merah dan daun bawang dalam adonannya sehingga wangi. Lalu untuk penyajian, martabak Aceh disajikan bersama acar bawang dan cabai rawit. Selain itu, martabak Aceh juga enak dicocol kuah kari.

Di Jakarta, salah satu tempat untuk menikmati martabak Aceh enak adalah Jambo Kupi. Lokasinya ada di Pasar Minggu dan Kemang. Martabak di sini tersedia dalam pilihan martabak telur, udang, daging, dan spesial.

2. Medan - martabak piring

Martabak khas SumateraMartabak khas Sumatera Foto: Bandung Foodie

Di Medan, kamu bisa menemukan banyak jenis martabak mengingat kota ini dihuni beragam suku dan etnis berbeda. Tapi varian yang unik adalah martabak piring.

Disebut demikian karena martabak ini tidak dibuat di wajan datar besi seperti martabak lainnya, melainkan di cetakan piring. Karenanya ukurannya lebih kecil seukuran cekungan piring. Bisa pilih mau yang teksturnya tebal atau tipis kering.

Martabak piring sendiri tergolong varian manis. Pilihan toppingnya ada cokelat, kacang, atau keju. Martabak ini dijajakan Martabak Piring Murni yang beralamat di Jl. Tjong Yong Hian, Ps. Baru. Gerainya buka mulai sore hari.

3. Padang - martabak Hayuda

Martabak khas SumateraMartabak khas Sumatera Foto: dok. detikFood

Dari Padang ada martabak kubang atau martabak mesir yang populer. Bahkan kepopulerannya juga sampai ke Jakarta dan kota-kota besar lain di Indonesia.

Martabak mesir sebenarnya jenis martabak telur yang terinspirasi martabak kari mamak khas India. Pelopornya adalah Haji Yusri Darwis atau disingkat jadi Hayuda yang menjualnya sejak 1971. Ia berasal dari Kubang, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Ciri khas martabak Hayuda ialah memakai tambahan rendang daging sapi. Rendang ini dibuat dengan paduan 20 macam rempah. Lalu penyajiannya menggunakan kuah cuka dengan tambahan sari nanas.

Baca Juga: Ini Sejarah Panjang Martabak Kubang Hayuda dari Ranah Minang

4. Palembang - martabak HAR

Martabak khas SumateraMartabak khas Sumatera Foto: Instagram martabakhar

Martabak khas Sumatera selanjutnya adalah martabak HAR di Palembang. Nama martabak ini merujuk pada perintisnya yaitu Haji Abdul Rojak (HAR) yang sudah berjualan sejak tahun 1947.

Ciri khas martabak HAR Adalah memakai kuah kari yang diadaptasi dari kari ala India. Di dalam kuah kari ini terdapat campuran kentang dan beragam rempah.

Kamu bisa pilih mau martabak berbahan telur ayam atau bebek. Lalu ada varian rasanya seperti sayuran, daging kambing, atau daging ayam. Martabak HAR disajikan bersama cuka plus taburan cabai rawit kecil.

Di Palembang, gerai martabak HAR berlokasi di Jl. R. Soekamto No 7, depan mall PTC. Banyak wisatawan sempatkan mampir untuk mencicipi martabak legendaris di sini.

Baca Juga: Review Martabak Har di Palembang, Kaesang Beri Nilai 9 Buat Martabak Sayur

5. Bangka - martabak Bangka

Martabak khas SumateraMartabak khas Sumatera Foto: dok. detikFood

Martabak khas Sumatera ini bisa dibilang yang paling terkenal. Namanya martabak bangka yang kini juga mudah ditemui di Jakarta. Pasalnya penjual martabak Bangka kerap memajang embel-embel nama 'Bangka' di spanduk mereka.

Menilik sejarahnya, konon martabak bangka diciptakan orang Hakka. Nama asli kreasi ini adalah Hok Lo Pan. Martabak ini tergolong martabak manis yang aslinya hanya diberi taburan gula pasir dan wijen. Tapi kini martabak bangka juga kerap dikreasikan ragam topping lainnya.

Dibanding martabak bandung, martabak bangka biasanya lebih tebal. Lalu teksturnya agak padat dengan serat-serat adonan lumayan terlihat.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com