Perusahaan Ini Ciptakan Ikan Tuna Vegan Berbahan Kacang-kacangan

Riska Fitria - detikFood Senin, 12 Okt 2020 18:15 WIB
Perusahaan Ini Ciptakan Ikan Tuna Vegan Berbahan Kacang-kacangan Foto: Good Catch
Jakarta -

Untuk mengurangi eksploitasi ikan tuna secara berlebihan, perusahaan ini membuat ikan tuna dari bahan vegan. Seperti apa rasanya?

Banyak orang di seluruh dunia yang mengandalkan makanan laut sebagai sumber protein yang utama. Namun, sekitar 90% dunia perikanan di eksploitasi secara berlebihan.

Selain itu, lebih dari 40% spesies populer seperti ikan tuna ditangkap dengan cara yang tidak berkelanjutan, sehingga bisa menyebabkan kepunahan.

Fishmonger fileting skipjack tuna, Katsuwonus pelamis, in local fish market, Banda Neira, Maluku, Indonesia.Ikan tuna ilustrasi Foto: iStock

Baca Juga : Segera Bisa Dicicipi, Sosis dan Daging Babi Vegan Berbahan Kedelai

Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko kepunahan pada ikan tuna, perusahaan Good Catch membuat ikan tuna dari bahan vegan. Meski begitu, rasa dan teksturnya seperti ikan tuna sungguhan.

Good Catch sendiri merupakan sebuah perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat yang membuat makanan olahan laut dari bahan nabati atau vegan.

Ikan tuna vegan ini terbuat dari enam jenis kacang-kacangan, seperti chickpea, kedelai, kacang polong, lentil, kacang fava hingga kacang navy, lapor Business Insider (10/10).

Perusahaan Ini Ciptakan Ikan Tuna Vegan Berbahan Kacang-kacanganPerusahaan Ini Ciptakan Ikan Tuna Vegan Berbahan Kacang-kacangan Foto: Good Catch

Selain itu, agar rasa dan nutrisinya seperti ikan tuna sungguhan, Good Catch menambahkan omega-3 dalam bentuk minyak alga. Namun, tuna ini tidak mengeluarkan aroma amis.

"Jadi kami menambahkan ekstrak rumput laut yang berbeda dan minyak alga yang akan memberikan rasa seperti ikan tuna sungguhan," ujar Chad Sarno, Co-Founder Good Catch.

Lebih lanjut, ikan tuna vegan ini dikemas menggunakan kemasan kaleng. Ada banyak varian ikan tuna vegan yang ditawarkan, mulai dari rasa Original, Mediteranian hingga Olive Oil.

Perusahaan Ini Ciptakan Ikan Tuna Vegan Berbahan Kacang-kacanganPerusahaan Ini Ciptakan Ikan Tuna Vegan Berbahan Kacang-kacangan Foto: Good Catch

Selain Good Catch ada juga perusahaan makanan yang mengeluarkan produk serupa. Perusahaan tersebut dikenal bernama Ocean Huggers yang mengeluarkan produk bernama Ahimi.

Ahimi merupakan ikan tuna yang terbuat dari tomat, shoyu, gula, minyak wijen dan air. Bahan-bahan tersebut menghasilkan warna dan tekstur seperti ikan tuna yang ada pada sushi.

"Sekitar sepertiga orang Amerika mengikuti diet fleksibel, yang membatasi asupan protein hewani," ujar Ashley Bouldin, Direktur Pemasakan Ocean Huggers Foods.

Kedua perusahaan tersebut berharap dengan produk berbahan vegan ini dapat menyelamatkan keberlangsungan lingkungan di masa depan.

Baca Juga : 5 Restoran Ramah Vegan dengan Menu Enak untuk Mulai Hidup Sehat



Simak Video "Masak Masak: Resep Puding Susu Panggang"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)