5 Kesalahan yang Bikin Es Kopi Kamu Kurang Enak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 10 Okt 2020 14:00 WIB
5 Kesalahan yang Bikin Es Kopi Kamu Kurang Enak Foto: Mashed/Shutterstock
Jakarta -

Es kopi adalah minuman menyegarkan yang mudah dibuat sendiri di rumah. Namun hindari melakukan 5 kesalahan ini supaya cita rasa es kopi enak.

Saat cuaca panas atau terik, banyak orang langsung terbayang segarnya es kopi. Penggemarnya terbagi dua yaitu mereka yang suka es kopi hitam atau es kopi susu yang ditambah susu.

Kini banyak gerai minuman dan coffee shop menawarkan racikan es kopi enak, namun sebenarnya minuman ini mudah dibuat di rumah.

Dengan membuat es kopi sendiri tentu saja menghemat pengeluaran. Soal rasa juga tak kalah enak dibanding buatan coffee shop, asal tidak melakukan kesalahan ini saat membuatnya.

Apa saja kesalahan tersebut? Berikut 5 kesalahan yang bikin racikan es kopi kamu kurang enak:

1. Kopinya kurang nendang

5 Kesalahan yang Bikin Es Kopi Kamu Kurang Enak5 Kesalahan yang Bikin Es Kopi Kamu Kurang Enak Foto: Mashed/Shutterstock

Kunci dari kelezatan es kopi ada pada rasa kopinya yang pas dan nendang. Namun sering kali es kopi buatan rumah kurang terasa kopi.

Hal ini bisa karena kamu menambahkan terlalu banyak es batu. Sebab saat es mencair, kopi jadi encer dan rasa kopi otomatis berkurang.

Untuk menghindarinya, gunakan komposisi kopi yang lebih banyak. Dikutip dari Mashed (9/10), manajer Dunkin' Donuts Amerika Serikat memberi triknya.

Tiap 1 gelas (250 ml) es kopi dibuat dari 4 sendok teh (sdt) kopi bubuk. Kemudian setelah diseduh dan ditambahkan es batu, simpan di kulkas agar lebih enak.

Baca Juga: Resep Es Kopi Susu Kekinian, Modal Minimalis dan Tanpa Alat Kopi

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]