Diet Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Penjelasannya

Devi Setya - detikFood Selasa, 06 Okt 2020 07:00 WIB
minum kopi Foto: iStock

4. Kopi membantu menekan nafsu makan

Minum kopi untuk kesehatan liverDiet Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis

Dr. Arnot menegaskan bahwa kopi dapat menekan nafsu makan sehingga membantu Anda mengurangi asupan kalori harian. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hal ini terbukti benar dalam batas tertentu. Minum kopi sesaat sebelum makan dapat menurunkan nafsu makan sehingga tak terlalu banyak mengasup makanan.

Namun, mengonsumsi kopi 3-4,5 jam sebelum makan tampaknya tidak mempengaruhi seberapa banyak Anda makan pada waktu makan berikutnya. Sebuah studi yang dilakukan pada 33 orang yang kelebihan berat badan dan berat badan normal menemukan bahwa minum kopi menurunkan asupan kalori pada mereka yang kelebihan berat badan.

Ketika mereka yang kelebihan berat badan minum 200 ml kopi, mereka mengonsumsi lebih sedikit kalori setelahnya, dibandingkan dengan ketika mereka minum air atau kopi tanpa kafein.


5. Tidak aman untuk jangka panjang

Menurut penilaian orang-orang yang sudah menjalani diet kopi selama 2-7 minggu, mereka mengatakan diet ini tidak aman dijalankan dalam jangka panjang. Minum kopi berkafein dalam jumlah besar dapat menyebabkan asupan kafein berlebihan, yang dapat menyebabkan beberapa masalah, termasuk insomnia dan depresi.

Sayangnya, belum ada penelitian jangka panjang yang menilai keamanan atau efektivitas diet kopi ini. Oleh karenanya, diet kopi hanya direkomendasikan untuk dijalani dalam jangka waktu singkat. Sebelum memulai diet, sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan ahli gizi.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com