ADVERTISEMENT

Tren Warung Kampung

5 Sambal Enak di Warung Makan Kampung, Bajak hingga Cibiuk

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 02 Okt 2020 12:30 WIB
Sambal tradisional
Foto: iStock

4. Sambal Cibiuk

Sambal tradisionalSambal tradisional Foto: dok. detikFood

Sambal satu ini sangat populer di Jawa Barat terutama kota Garut. Adalah sambal kemangi yang populer disebut sambal cibiuk. Jenisnya adalah sambal mentah yang punya sensasi segar.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan seperti cabe rawit hijau, bisa juga pakai cabe rawit merah atau cabe merah biasa. Tambahkan juga tomat hijau, bawang merah dan putih, kencur, dan daun kemangi.

Semua bahan tersebut lalu diulek sampai halus tanpa proses memasak. Tomat dan kemanginya jangan dihaluskan tapi cukup tambahkan di akhir. Rasanya segar dan enak dinikmati dengan nasi putih hangat, ikan goreng, ataupun ikan asin.

5. Sambal Kecombrang

Sambal tradisionalSambal tradisional Foto: dok. detikFood

Satu lagi jenis sambal yang disajikan di warung makan, yaitu sambal kecombrang. Berupa sambal yang diiris-iris lalu dicampurkan dengan bunga kecombrang yang wangi.

Sambal kecombrang ini biasanya disajikan original atau dengan tambahan cumi asin kecil dan pete tergantung selera. Sambal kecombrang bisa disajikan mentah atau matang.

Cara membuatnya sangat sederhana, pertama kamu harus menumis bawang merah hingga layu dan harum. Setelah itu masukkan irisan bunga kecombrang dan masak hingga layu. Kemudian tambahkan cabai yang telah dihaluskan kasar.

Masak sampai semuanya tercampur rata dan mendidih barulah disajikan. Kalau ingin tambahan cumi asin, ikan teri, atau ikan asin jambal juga bisa. Jangan lupa masukkan pete agar makin nikmat.

Baca Juga: Resep Sambal Cumi Kecombrang yang Pedas Nendang



Simak Video "Sambal Bakar Indonesia Racikan TikToker yang Pedas Menyengat"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT