Huaah! Pedas Menyengat Empal Daging Dipadu Sambal Bajak

Erliana Riady - detikFood Senin, 06 Jan 2020 11:00 WIB
Foto: Erliana Riady/dok.detikFood
Blitar - Warung sederhana di Blitar ini punya menu istimewa. Empal yang empuk manis dipadukan dengan sambal terasi segar yang pedas menggetar lidah. Maknyus!

Empal daging merupakan olahan daging khas Jawa. Irisan daging direbus dengan bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam dan gula merah hingga empuk. Bumbu warisan dari nenek diteruskan Endah Wahyuni (48) untuk memanjakan lidah para pelanggan. Warung Pasar berumur lebih dari 100 tahun ini, mempertahankan menu andalan empal sambal bajak.

"Gak sampai siang, biasanya empal sambal bajaknya sudah habis. Ini memang menu andalan kami dan sengaja dibikin hanya lima kilogram daging setiap hari," kata Endah kepada detikcom di warungnya, Minggu (5/1/2020).
Huaah! Pedas Menyengat Empal Daging Dipadu Sambal BajakFoto: Erliana Riady/dok.detikFood

Dengan membatasi daging yang dibuat empal, merupakan strategi Endah agar pelanggan yang tidak kebagian hari itu akan kembali esok harinya lebih pagi.

Biasanya, Endah mulai memproses empal ini sejak dini hari. Daging sapi direbus sampai benar-benar empuk dan lembut, tanpa memakai bahan kimia apapun. Proses pembuatan dan bahan-bahan alami dipertahankan sampai sekarang untuk menghasilkan kualitas empal andalan.

"Kalau sudah empuk, dipotong-potong terus ditutuki (dipukul-pukul agar tektur daging pecah dan pipih). Lalu diungkep bersama bumbu baru digoreng," jelasnya.
Huaah! Pedas Menyengat Empal Daging Dipadu Sambal BajakFoto: Erliana Riady/dok.detikFood

Bumbu empal juga tidak ribet. Menurut Endah, neneknya mengajarkan bumbu sederhana, yakni bawang putih, gula putih, ketumbar dan garam. Usai diungkep, potongan empal digoreng cukup lima menit saja.

"Karena prosesnya cukup lama, empal bikinan saya bisa tahan sampai lima hari. Banyak yang bawa pulang atau dibawa ke luar kota," ungkap wanita berkaca mata ini.

Yang lebih bikin nagih, sambal bajaknya. Sambal mentah ini bumbunya cabai, bawang merah, tomat, garam, gula merah, terasi dikasih irisan jeruk limau. Rasanya makin enak saat empal dipenyet di atas sambal tersebut.

Empal sambal bajak ini cocok dimakan dengan berbagai sayur rumahan yang disediakan. Mulai sayur lodeh, sop, sayur bening dan rawon. Cukup nasi putih, emapl sambal bajak plus sayur bening sudah jadi santapan mantap yang bikin nagih.

Walaupun lokasinya di sisi timur Pasar Legi Kota Blitar, namun pelangganya kalangan menengah ke atas. Deretan mobil terparkir rapi di depan warung sederhana itu. Mereka yang makan di warung ini, didominasi karyawan yang bekerja di Kota Blitar.
Huaah! Pedas Menyengat Empal Daging Dipadu Sambal BajakFoto: Erliana Riady/dok.detikFood

Aprilia satu diantara pelanggan, mengaku setiap hari sarapan atau makan siang di warung ini. Empal sambal bajak adalah menu andalannya yang tidak bisa ditemui di tempat lain.

"Rasanya empalnya gurih, dagingnya sangat empuk. Sambalnya juga nendang, benar-benar nikmat pokoknya. Apalagi disini itu sayurnya menu rumahan. Cocok dengan selera deh," kata penyiar radio segmen remaja ini.

Untuk bisa menikmati empal sambal bajak tak perlu merogoh kocek terlalu dalam Endah membandrol empal ukuran kecil seharga Rp 15 ribu. Sedangkan yang ukuran besar seharga Rp 30 ribu. Kalau mau paket komplit plus minuman, siapkan saja sekitar Rp 25 ribu per porsi.





Simak Video "Empal Sambal Bajak ala Warung Pasar di Blitar"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)