Tren Warung Kampung

5 Sambal Enak di Warung Makan Kampung, Bajak hingga Cibiuk

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 02 Okt 2020 12:30 WIB
Sambal tradisional Foto: iStock
FOKUS BERITA Tren Warung Kampung
Jakarta -

Sambal bajak hingga cibiuk kerap hadir di warung makan kampung. Disajikan untuk teman makan aneka lauk. Rasa pedasnya bisa bikin tambah nafsu makan.

Sambal merupakan makanan khas Indonesia yang wajib ada di setiap warung makan atau rumah sendiri. Karena makan tanpa sambal, orang Indonesia akan merasa ada yang kurang.

Bahan utamanya adalah cabai yang menghasilkan rasa pedas. Cita rasa ini memang paling nikmat disandingkan dengan makanan khas Indonesia lainnya. Mulai dari olahan yang digoreng hingga berkuah.

Jenis sambal juga sangat beragam di Indonesia. Ada yang menggunakan terasi, tomat, kemangi, hingga kecombrang yang memberikan aroma wangi.

Berikut 5 sambal yang disajikan warung makan kampung:

1. Sambal Bajak

Sambal tradisionalSambal tradisional Foto: dok. detikFood

Sambal bajak merupakan sambal yang dibuat dari campuran cabai rawit merah, tomat, bawang merah, bawang putih, dan terasi. Bumbunya tak hanya garam, melainkan gula pasir dan gula merah.

Semua bahan ditumis hingga layu. Kemudian dihaluskan menggunakan cobek. Kalu tak ingin repot bisa menggunakan blender, tapi memang rasanya lebih sedap menggunakan cobek.

Setelah itu sambal yang telah halus ditumis lagi hingga airnya habis dan muncul minyak. Jangan lupa tambahkan garam dan gula. Sambal bajak ini bisa tahan lama, dan paling nikmat disantap bersama ayam goreng, empal goreng, ataupun ikan goreng.

Baca Juga: Huaah! Pedas Menyengat Empal Daging Dipadu Sambal Bajak

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Usaha Sambal Pecel Jadi Cuan Saat Pandemi!"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Tren Warung Kampung
FOKUS BERITA Tren Warung Kampung