ADVERTISEMENT

Hari Kereta Api Nasional, Ini 5 Tempat Makan Berkonsep Kereta di Indonesia

Riska Fitria - detikFood
Senin, 28 Sep 2020 14:00 WIB
Hari Kereta Api Nasional, Ini 5 Tempat Makan Berkonsep Kereta di Indonesia
Foto: Instagram Dunia Kuliner Bandung
Jakarta -

Tak melulu berkonsep pesawat, restoran berkonsep kereta api juga tak kalah menarik. Restoran unik itu terdapat di beberapa kota di Indonesia.

Setiap tanggal 28 September selalu diperingati sebagai hari Kereta Api Nasional. Tepat pada hari ini, PT Kereta Api Indonesia genap berusia 75 tahun. Selain itu, peringatan ini juga sebagai tanda berdirinya Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI).

Kereta api sendiri menjadi transportasi yang banyak diandalkan oleh orang Indonesia. Bentuknya yang berupa gerbong-gerbong panjang ternyata menginspirasi beberapa restoran dan kafe saat mendirikan bangunannya.

Ya, di Indonesia ada beberapa restoran dan kafe berkonsep kereta api yang unik dan menarik. Beberapa restoran tersebut ada yang berlokasi di Bandung, Yogyakarta hingga Malang.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 tempat makan berupa restoran dan kafe berkonsep kereta api di Indonesia.

1. Lokomotif Resto dan Kafe

Hari Kereta Api Nasional, Ini 5 Tempat Makan Berkonsep Kereta di IndonesiaHari Kereta Api Nasional, Ini 5 Tempat Makan Berkonsep Kereta di Indonesia Foto: Buku Tahu


Lokomotif Resto dan Kafe berada di Bandung, Jawa Barat. Tepatnya berada di jalan Perintis Kemerdekaan No 1, Viaduct. Restoran berkonsep kereta api ini dibuka pertama kali sekitar pertengahan September 2009. Lokomotif Resto dan Kafe terdapat dua area, yaitu lantai bawah dan rooftop.

Makan di restoran tersebut, pengunjung bisa menyaksikan langsung kereta api yang melintas. Sementara untuk di area rooftopnya, pengunjung akan disuguhi pemandangan berupa taman cantik. Uniknya lagi, menu-menu makanan yang ditawarkan di sini menggunakan nama kereta api.

Misalnya ada es lokomotif, es gerbong, dan lainnya. Harga yang ditawarkan juga terbilang terjangkau. Oiya, restoran ini didirikan oleh PT Restoran Kereta Api (Reska) dan PT Perusahaan KA di Bandung.

Baca Juga : Pakai Pesawat hingga Truk, 5 Restoran Berwujud Kendaraan Unik

2. Rumah Makan Sepoer

Hari Kereta Api Nasional, Ini 5 Tempat Makan Berkonsep Kereta di IndonesiaHari Kereta Api Nasional, Ini 5 Tempat Makan Berkonsep Kereta di Indonesia Foto: Antisambodo.blogspot


Restoran berkonsep kereta api ini berada di Yogyakarta, Jawa Tengah. Restorannya bernama Rumah Makan Sepoer yang dapat dikunjungi lokasinya di Jalan Kaliurang KM 9.5. Kata 'Sepoer' sendiri diambil dari bahasa Jawa yang artinya kereta.

Untuk area pengunjungnya memang berbentuk gerbong kereta. Untuk membuat bentuknya benar-benar mirip seperti kereta api sungguhan, area pengunjung tersebut juga terdapat roda. Tak hanya diberikan meja dan bangku, di dalam gerbong itu juga terdapat ruangan khusus.

Misalnya seperti ruangan kepala stasiun. Dan yang tak kalah menarik, di bagian depan gerbongnya ada lokomotif. Selain itu, ada juga area pengunjung yang berada di luar gerbong. Nah, area pengunjung itu menggambarkan suasana di stasiun kereta.

3. Museum Angkut + Movie Star Kota Batu

Hari Kereta Api Nasional, Ini 5 Tempat Makan Berkonsep Kereta di IndonesiaHari Kereta Api Nasional, Ini 5 Tempat Makan Berkonsep Kereta di Indonesia Foto: Jatim Times


Sebenarnya Museum Angkut + Movie Star Kota Batu merupakan destinasi wisata di kita Batu, Malang. Di tempat ini terdapat sekitar 300 lebih koleksi jenis angkutan tradisional hingga modern. Salah satunya kereta api.

Nah, di sana juga terdapat restoran unik yang bisa didatangi pengujung. Restorannya berkonsep kereta api yang sudah dibuka sejak tahun 2016 lalu. Jadi pengunjung akan duduk di gerbong kereta api.

Kemudian, pengunjung bisa memesan minuman atau makanan, seperti di restoran biasanya. Ada tiga gerbong untuk area pengunjungnya. Tiga gerbong tersebut merupakan milik PTPN XI Persero PG Djatiroto.

4. Chingu Kafe

Hari Kereta Api Nasional, Ini 5 Tempat Makan Berkonsep Kereta di IndonesiaHari Kereta Api Nasional, Ini 5 Tempat Makan Berkonsep Kereta di Indonesia Foto: Instagram Dunia Kuliner Bandung


Selain Lokomotif Resto dan Kafe, di Bandung juga ada lagi restoran berkonsep kereta api lainnya. Tempatnya dikenal dengan nama Chingu Kafe yang berada di Jalan Sawunggaling No 10, Bandung.

Jika dilihat dari penampilannya, tempat ini mirip seperti kereta cepat yang ada di Korea. Suasana yang ditawarkan di sini juga seperti di Gangnam Station. Selain itu, di sana terdapat peta-peta penunjuk arah yang mirip seperti di stasiun sungguhan.

Banyak pengunjung yang berfoto di area pengunjungnya. Untuk menu yang ditawarkan di sini merupakan makanan khas Korea., Seperti bibimbap, korean fried chicken, bokkeumbap, patbingso hingga camilan lainnya.

5. Railway Coffee

Hari Kereta Api Nasional, Ini 5 Tempat Makan Berkonsep Kereta di IndonesiaHari Kereta Api Nasional, Ini 5 Tempat Makan Berkonsep Kereta di Indonesia Foto: Instagram @railway.coffee


Kalau tempat yang satu ini lebih seperti kafe, tapi dengan konsep kereta api. Railway Coffee menambah panjang daftar restoran dan kafe berkonsep kereta api di Bandung. Lokasi kafe ini berada di Jalan Kebon Jukut, NO 17, Babakan Ciamis.

Interiornya berkonsep industrial. Di sini terdapat dua area pengunjung, yaitu area indoor dan area outdoor. Yang membuat suasana kafe ini seperti di stasiun kereta adalah di bagian kacanya ada stiker jadwal kereta api berangkat.

Menu yang ditawarkan tentu saja tak jauh dari kopi. Namun, selain kopi mereka juga menyajikan sandwich, rice box hingga minuman dengan berbagai rasa.

Baca Juga : 5 Restoran dalam Pesawat yang Tawarkan Sensasi Unik



Simak Video "Masak Masak: Bikin Taromissyu, Dessert ala Kafe yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT