5 Minuman Tradisional Khas Betawi, Bir Pletok hingga Kopi Jahe

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 27 Sep 2020 06:00 WIB
Bir pletok Foto: Instagram
Jakarta -

Minuman tradisional khas Betawi cukup beragam. Ada yang disajikan hangat dan juga dingin. Beragam minuman tradisional khas Betawi ini tentunya memiliki rasa yang unik namun enak.

Belakangan minuman tradisional khas Betawi ini terbilang sulit ditemukan. Biasanya hanya ada pada perayaan ulang tahun Kota Jakarta atau acara-acara besar lainnya. Selain itu minuman ini masih bisa didapatkan di beberapa kawasan wisata.

Berikut ini beberapa minuman tradisional khas Betawi yang bisa dicoba:

1. Bir Pletok

Bir Pletok, the traditional non-alcoholic beer from Betawi culture, Jakarta. The beer, that is basically a herbal concoction, is served with foam on top after being shaken with ice cubes. The beer is served in a old-fashioned glass filled with ice cubes and garnished with lemongrass and pandan leaf.Bir Pletok, the traditional non-alcoholic beer from Betawi culture, Jakarta. The beer, that is basically a herbal concoction, is served with foam on top after being shaken with ice cubes. The beer is served in a old-fashioned glass filled with ice cubes and garnished with lemongrass and pandan leaf. Foto: iStock


Meskipun dinamakan bir, akan tetapi minuman tradisional khas Betawi ini tidak mengandung alkohol. Birpletok diracik dengan campuran aneka rempah seperti jahe, daun pandan dan serai. Birpletok awalnya disajikan hangat, dan di tahun 1960-an baru dipadukan dengan es batu.

Dalam perkembangannya bir pletok telah mengalami pergeseran. Menurut H. Djayadi, seorang tokoh Betawi Kota Bambu, Tanah Abang yang menjadi produsen bir pletok terbaik dalam Festival Jajanan Betawi (1992) sekitar tahun 1950-an, bir pletok menjadi jajanan favorit sepulang sekolah yang biasa dijajakan oleh pedagang pikulan. Dan kini bir pletok di Setu Babakan, Jagakarsa disajikan dalam bentuk siap minum dalam kemasan botol kaca. Bahkan kini ada pula bir pletok bubuk yang bisa disajikan hangat atau dingin.

2. Aer Manis

Aer Manis Minuman Betawi Terancam PunahAer Manis Minuman Betawi Terancam Punah Foto: Getty Images/iStockphoto


Jika bertamu ke rumah orang Betawi asli, kamu bisa saja disajikanaer manis.Aer manis dibuat dengan air yang direbus dengan mencampurkan sereh dan daun jeruk. Warnanya cokelat pucat mirip sekali dengan teh. Untuk menambahkan rasa,aer manis juga dapat ditambahkan dengan apel hijau atau pacar cina.

Minuman tradisional khas Betawi ini juga terancam punah. Aer manis memiliki lambang penghormatan sehingga sering disajikan saat menerima tamu yang berkunjung ke rumah.

3. Kopi Jahe

Kopi Yunani Disebut Kopi Paling Sehat di Dunia, Ini Khasiatnya5 Minuman Tradisional Khas Betawi, Bir Pletok hingga Kopi Jahe Foto: Getty Images/iStockphoto


Dilansir dalam 'Kuliner BetawiSelaksa Rasa dan Cerita' oleh Akademi Kuliner Indonesia, kopi jahe memiliki aroma rempah yang dapat membuat tubuh terasa hangat. Airnya dibuat dengan campuran rempah-rempah yang terdiri dari cengkih, kayu manis, temu mangga, daun pandan dan jahe yang kemudian digunakan untuk menyeduh kopi.

Kopi jahe yang beraroma aromatik ini sering disuguhkan saat sore hari atau saat tamu berkunjung pada keluarga Betawi.

4. Es Selendang Mayang

Es selendang mayangEs selendang mayang Foto: Istimewa


Es selendang mayang menjadi salah satu minuman tradisional khas Betawi yang disajikan dingin. Tampilan es selendang mayang ini berwarna putih, merah dan hijau. Teksturnya kenyal dan lembut. Es selendang mayang dibuat dengan tepung hunkwe dan tepung tapioka yang dicetak dalam tampah. Kemudian dipotong-potong dan disiram dengan kuah santan, sirup gula merah dan es batu.

5. Es Doger

Es dogerEs doger Foto: Istimewa


Es doger merupakan salah satu minuman tradisional khas Betawi. Nama doger konon didapatkan dari singkatan 'dorong gerobak'. Karena memang penjual es doger menjajakan minuman ini dengan mendorong gerobak.

Hingga saat ini es doger masih cukup populer dan dapat penjualnya dapat ditemui di beberapa tempat. Dalam setiap gelas es doger berisi ketan hitam, tapai singkong dan pacar cina, es puter, serta siraman susu kental manis dan taburan kacang goreng.

Itulah beberapa minuman tradisional khas Betawi yang bisa kamu coba. Kira-kira kamu suka yang mana detikers?



Simak Video "Kue Rangi Kekinian Warna-warni dengan Topping Es Krim"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)