Mengenal Aer Manis, Minuman Tradisional Betawi yang Hampir Punah

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 13 Agu 2020 15:00 WIB
Aer Manis Minuman Betawi Terancam Punah Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Jika bertamu ke rumah orang Betawi asli, tamu tidak akan disajikan kopi atau teh manis. Melainkan akan disuguhi aer manis yang kaya akan makna.

Ada banyak hidangan serta minuman tradisional khas Betawi yang eksis di Jakarta dan sekitarnya. Tapi seiring berjalannya waktu banyak kuliner asli Betawi yang mulai ditinggalkan bahkan terancam punah.

Baca Juga: 5 Fakta Bir Pletok, Minuman Hangat Simbol Kemewahan Betawi

Salah satunya ada aer manis. Nama minuman ini mungkin asing di telinga sebagian orang. Tapi bagi orang Betawi asli, aer manis merupakan lambang suka cita dan penyambutan istimewa kepada orang luar.

Aer Manis Minuman Betawi Terancam PunahAer Manis Minuman Betawi Terancam Punah Foto: Getty Images/iStockphoto

Lewat webminar Kelir Betawi Series tentang Aer Manis (12/08), orang-orang diajak untuk lebih mengenal budaya dan kuliner Betawi via Zoom. Acara ini diselenggarakan oleh Indoepic dan Indonesiaeats, yang bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Betawi serta Persatuan Wanita Betawi.

"Lewat acara ini kami berharap dapat membangkitkan kembali kuliner Betawi yang hilang. Kali ini kami akan melestarikan satu minuman khas Betawi yang dikenal sebagai aer manis," jelas Ibu Maharani selaku dewan pakar Persatuan Wanita Betawi.

Ia menjelaskan bahwa aer manis mirip seperti minuman pada umumnya. Dibuat dari air yang direbus kemudian masukkan sereh hingga daun jeruk, warnanya sedikit cokelat pucat dan mirip seperti teh. Minuman ini wajib disuguhkan jika ada orang bertamu ke rumah.

Aer Manis Minuman Betawi Terancam PunahAer Manis Minuman Betawi Terancam Punah Foto: Getty Images/iStockphoto

"Selain sereh dan daun jeruk biasanya aer manis juga disajikan dengan sukade atau manisan kulit jeruk. Terkadang bisa juga pake tangkwe atau manisan labu," lanjut Ibu Maharani.

Cara membuatnya cukup mudah setelah air direbus masukkan sereh dan daun jeruk. Bisa juga tambahkan apel hijau untuk menambah rasa manis hingga pacar Cina sesuai selera.

Rasanya yang manis enak tak hanya menjadi daya tarik dari aer manis ini. Minuman yang satu ini juga syarat akan budaya bagi orang Betawi.

Aer Manis Minuman Betawi Terancam PunahAer Manis Minuman Betawi Terancam Punah Foto: Getty Images/iStockphoto

"Aer manis itu merupakan sebuah simbol atau tanda bahwa kita menerima tamu yang berkunjung ke rumah, seperti penghormatan. Jadi yang menerima senang, yang datang juga senang. Minuman ini menjadi tanda kesenangan, ridho, serta ikhlasnya orang Betawi saat menerima tamu," jelas Ibu Cucu Sulaicha yang juga merupakan ahli kuliner Betawi di Persatuan Wanita Betawi.

Selain itu Ibu Cucu juga menjelaskan bahwa minuman ini memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Seperti mengontrol kolesterol hingga membantu menyembuhkan asam urat.


"Aer manis bisa dibilang merupakan bentuk penghargaan tertinggi dari tuan rumah untuk menyambut tamu dalam budaya Betawi. Sayangnya budaya ini mulai ditinggalkan. Kami berharap dapat kembali mempopulerkan aer manis ini di era sekarang," pungkas Ibu Cucu.

Baca Juga: Gurih dan Renyah, Ini Fakta Biji Ketapang Jajanan Lebaran Khas Betawi



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)