Jajanan Jepang & Korea

Konpeito, Permen Jepang yang Dikenal Sejak 500 Tahun Lalu

Devi Setya - detikFood Minggu, 27 Sep 2020 14:00 WIB
Konpeito, Permen Khas Jepang Foto: Getty Images/iStockphoto/gyro
FOKUS BERITA Jajanan Jepang & Korea
Jakarta -

Kuliner jadi salah satu tradisi dan budaya di Jepang. Tak heran kalau banyak makanan klasik yang masih eksis hingga kini, seperti konpeito. Permen ini dikenal sejak 500 tahun lalu.


Konpeito merupakan permen tradisional asal Jepang yang bentuknya cantik mirip bintang. Permen ini hadir dengan warna-warni menarik serta memiliki rasa manis. Kompeito punya ukuran kecil sebesar kelereng tapi jangan anggap remen, permen ini dulunya jadi suguhan untuk kaisar.

Konpeito sendiri sebenarnya bukan permen asli Jepang karena diadaptasi dari permen khas Portugis. Bangsa portugis menyebut permen ini confeito yang artinya gula-gula. Di Jepang, terjadi sedikit perubahan nama yang akhirnya kini dikenal sebagai konpeito.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut serba-serbi permen konpeito yang sudah jadi kudapan manis sejak tahun 1551.

1. Pertama kali diperkenalkan

Konpeito, Permen Khas JepangKonpeito, Permen Khas Jepang Foto: Getty Images/iStockphoto/gyro


Konpeito pertama kali diperkenalkan di Jepang sekitar tahun 1550. Saat itu masih terjadi perdagangan bahan baku antar negara dengan cara manual. Para pedagang Portugal yang tiba di Jepang ini membawa serta konpeito.

Selain konpeito, ada juga permen castella dan permen aruheito yang sama-sama berasal dari Portugal. Pada waktu itu, orang Jepang belum mengenal cara memurnikan gula. Pembuatannya yang membutuhkan gula dalam jumlah banyak membuat konpeito sempat menjadi makanan mewah dan langka.

Diketahui, pada tahun 1569, misionaris Portugal Luís Fróis mempersembahkan konpeito untuk Oda Nobunaga sewaktu berusaha mendapatkan izin melakukan pekerjaan misionaris di Jepang. Oda Nobunaga seorang pimpinan Jepang yang hidup dari zaman Sengoku hingga zaman Azuchi-Momoyama.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Camilan Manis, Yuk Nostalgia Permen Jadul dari Buah!"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Jajanan Jepang & Korea
FOKUS BERITA Jajanan Jepang & Korea