Bukan Kotak, Tempe Unik Ini Berbentuk Karakter Lucu dan Menggemaskan

Riska Fitria - detikFood Kamis, 17 Sep 2020 17:00 WIB
Tempe unik berbentuk karakter lucu Foto: Facebook Mendoan Raksasa Kang Sarwono
Jakarta -

Tempe identik dengan bentuk kotak persegi atau balok memanjang. Namun, berbeda dengan tempe unik yang satu ini. Berbentuk karakter lucu dan menggemaskan.

Tempe dikenal sebagai kuliner tradisional Jawa yang terbuat dari proses fermentasi biji kedelai. Tempe sering disebut juga makanan rakyat, karena harganya yang terjangkau. Meski begitu, tempe mengandung banyak nutrisi dan rasanya juga enak.

Apalagi tempe bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti orek tempe, mendoan, mendol, bacem atau hanya digoreng biasa. Umumnya, tempe berbentuk kotak tetapi seorang pria asal Banjarnegara, Jawa Tengah ini punya kreasi tempe unik.

Tempe unik berbentuk karakter lucuTempe unik berbentuk karakter lucu Foto: Facebook Tempe Mendoan Raksasa Kang Sarwono

Baca Juga : Cara Membuat Tempe Sendiri di Rumah dengan Mudah

Pria tersebut dikenal bernama Sarwono yang membuat tempe unik dengan bentuk karakter yang lucu dan menggemaskan. Saat membuat tempe, biji-biji kedelai tersebut dibentuk menggunakan cetakan yang biasa dipakai untuk mencetak agar-agar atau puding.

Bentuknya beragam, mulai dari bentuk kura-kura, bunga mawar, pesawat, kepiting, ikan hingga boneka beruang. Bukan tanpa alasan, Sarwono menceritakan kepada detikcom (17/09) bahwa inspirasinya datang dari kebanyakan anak kecil yang kurang tertarik dengan makanan tempe.

"Saya produksi tempe sendiri. Sebenernya itu awalnya saya buka warung makan tempe mendoan raksasa, nah pas pandemi ini baru saya terpikirkan untuk buat tempe berkarakter. Itu karena supaya anak-anak suka, soalnya jarang sekarang anak-anak yang suka makan tempe," ujar Sarwono.

Tempe unik berbentuk karakter lucuTempe unik berbentuk karakter lucu Foto: Facebook Tempe Mendoan Raksasa Kang Sarwono

Sebenarnya ada dua jenis tempat yang menjadi kreasi Sarwono, yaitu tempe unik berkarakter lucu dan tempe mendoan raksana. Kedua varian tempe tersebut ditawarkan melalui gerainya yang berada di Perumahan Griya Karmel, Desa Purwareja Klampok, Banjarnegara.

Harga yang ditawarkan untuk tempe uniknya bervariasi. Untuk tempe berkarakter lucu dibanderol dengan harga sekitar Rp 10.000 per lima pcsnya. Sementara untuk tempe mendoan raksasa berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 50.000.

Tempe unik berbentuk karakter lucuTempe unik berbentuk karakter lucu Foto: Facebook Mendoan Raksasa Kang Sarwono

Harga tempe mendoan disesuaikan dengan ukurannya, karena Sarwono menawarkan tiga ukuran untuk menu tempe mendoan raksasanya, yaitu 15x30 cm, 26x15, dan yang paling besar 50x30. Sarwono menjelaskan bahwa ukuran tempe mendoan yang paling besar itu biasanya dipesan untuk acara-acara tertentu, seperti ulang tahun.

Tak disangka ide pembuatan tempe unik ini berhasil menarik perhatian banyak orang. Selain itu, gerai tempenya ini juga tersebar di beberapa kota seperti, Malang, Solo, Purbalingga hingga Purwokerto.

Baca Juga : Makan Tempe Mentah Lebih Menyehatkan, Apa Benar?



Simak Video "Perpaduan Es Krim dan Tempe, Seenak Apa ya?"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)