Cara Membuat Tempe Sendiri di Rumah dengan Mudah

Puti Yasmin - detikFood Kamis, 14 Nov 2019 07:30 WIB
Cara Membuat Tempe Sendiri di Rumah dengan Mudah/Foto: dok. detikFood Cara Membuat Tempe Sendiri di Rumah dengan Mudah/Foto: dok. detikFood
Jakarta - Tempe menjadi salah satu makanan yang tak bisa lepas dari lidah orang Indonesia. Nah, ada cara membuat tempe sendiri di rumah dengan mudah. Bagaimana ya?

Cara membuat tempe enak bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi, bahan-bahanya bisa dipastikan sehat dan bersih. Hmm, terbayang sudah gurih dan renyahnya tempe.

cara membuat tempecara membuat tempe Foto: detikFood



Berikut cara membuat tempe yang benar ala detikFood:

Pertama-tama, cara membuat tempe sendiri di rumah dengan merendam satu kilogram kedelai dengan air dingin. Campurkan juga, setengah cup cuka Jepang atau Mizkan dalam air rendaman. Rendam kedelai selama kurang lebih dua hari sampai keluar buih.

Selanjutnya, kuliti semua kedelai hingga bersih, pecahkan menjadi dua bagian, dan cuci. Setelah itu, rebus kedelai kupas dan masukkan sedikit Mizkan, kurang lebih dua sendok makan selama 40 menit dengan api sedang.

cara membuat tempecara membuat tempe Foto: dok. detikFood




Setelah kedelai empuk, angkat, dan tiriskan. Tahapan cara membuat tempe selanjutnya dengan mengeringkan kedelai rebus, caranya bisa dengan tisu dapur.

Pada wajan yang berbeda, siapkan satu sendok ragi tempe dan tiga sendok makan tepung kanji. Campurkan kedelai dan ragi tempe yang sudah tercampur. Aduk adonan hingga merata.

Tahap terakhir cara membuat tempe, yakni masukan adonan ke dalam plastik. Lekatkan plastik dengan lilin, tusuk-tusuk bagian plastik dengan garpu, lalu simpan kedelai di tempat yang tidak terkena sinar matahari.

Nah, selamat mencoba cara membuat tempe sendiri di rumah!

Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Tempe Mahasiswi Komunikasi Jogja"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/lus)