Dahulu di Inggris Cukup Bermodal Bir Bisa Beli Istri Baru dan Anak

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 12 Sep 2020 08:00 WIB
Dahulu di Inggris Cukup Bermodal Bir Bisa Beli Istri Baru dan Anak Foto: iStock/Atlas/History
Jakarta -

Bir punya sejarah yang panjang di Inggris. Dahulu bir digunakan untuk membeli istri baru hingga sebagai bayaran untuk mengadopsi anak-anak di sana.

Meski kini terdengar seperti candaan belaka, pada abad 17 lalu banyak pria di Inggris yang menjual istri mereka jika sudah tidak cocok. Saat itu perceraian merupakan hal yang tabu dan sangat mahal biayanya.

Orang-orang menengah ke bawah di Inggris akhirnya memutuskan untuk menjual atau melelang istri mereka. Biasanya mereka melakukan pelelangan ini di pasar tradisional hingga di tempat yang ramai.

Uniknya banyak pria yang membeli istri baru sekaligus anak-anak wanita tersebut bukan menggunakan uang. Melainkan menggunakan bir sebagai mata uang di sana.

Dikutip dari berbagai sumber berikut tradisi membeli istri menggunakan bir di Inggris pada abad 17.

Baca Juga: Tradisi Makan Malam Bersama Keluarga di Inggris Mulai Pudar


1. Perceraian yang Mahal

Dahulu di Inggris Cukup Bermodal Bir Bisa Beli Istri Baru dan AnakDahulu di Inggris Cukup Bermodal Bir Bisa Beli Istri Baru dan Anak Foto: iStock/Atlas/History

Menurut situs History (11/09), ada beberapa alasan mengapa dulu banyak pria yang menjual istri mereka seperti makanan. Semuanya berkaitan dengan proses perceraian yang sangat mahal di Inggris pada abad 17 hingga 19.

Kebanyakan orang-orang Inggris tak mampu membayar biaya perceraian mereka. Namun mereka juga sudah tak mau hidup dengan istri mereka yang lama. Saat itu ada peraturan bahwa setelah menikah, semua wanita menjadi tanggung jawab dan milik suami seutuhnya.

Sehingga para wanita tidak bisa menolak atau menentang ketika mereka dijual. Bahkan banyak istri yang tidak tahu bahwa mereka akan dijual oleh suami mereka. Sang istri juga harus menerima siapapun pria yang berhasil membeli mereka, meski pun mereka harus hidup dengan orang asing.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3