Tradisi Makan Malam Bersama Keluarga di Inggris Mulai Pudar

Dewi Anggraini - detikFood Minggu, 21 Jan 2018 17:35 WIB
Foto: istock Foto: istock
Jakarta - Makan malam bersama keluarga sambil berbagi cerita sepertinya makin sulit dilakukan. Benarkah penyebabnya karena kebiasaan makan sambil nonton TV?

Saat ini orang Inggris lebih suka untuk makan di depan TV dari pada di meja makan lapor Metro (20/1).

Penelitian terbaru yang dibuat oleh Co-op Food Chronicles, menemukan kebiasaan makan baru orang Inggris. Saat ini, sebagian besar orang Inggris menyantap makan malamnya di ruang keluarga. Tepat di depan TV dan menghabiskan makanannya hanya dalam waktu 21 menit.

Tradisi Makan Malam Bersama Keluarga di Inggris Mulai PudarFoto: Thinkstock

Artinya, tradisi makan malam bersama anggota keluarga lainnya sudah mulai ditinggalkan.

Hanya sepertiga orang Inggris yang mengaku jika mereka makan di ruang tamu. Separuhnya lagi mengaku kalau makan di meja makan maupun di ruang tamu.

Saat makan malam bersama, anggota keluarga juga kini cenderung sibuk dengan gadget. Justru lebih memilih berinteraksi dengan anggota keluarga lain lewat aplikasi yang ada di gadgetnya dari pada anggota keluarga yang jelas sedang berada di satu meja.

Makan malam di sofa depan tv kini sudah jadi kebiasaan. Meja makan di rumah dipakai saat ada acara khusus saja.

Tradisi Makan Malam Bersama Keluarga di Inggris Mulai PudarFoto: Thinkstock

Bahkan kini seperlima rumah di Inggris tidak punya meja makan. Menurut mereka, buat apa punya meja makan jika tidak digunakan.

Padahal makan malam bersama keluarga punya peran penting. Komunikasi yang terjalin antar keluarga saat makan bisa menambah keintiman antar anggota keluarga.

Co-op Food Chronicles, Inggris, meneliti seberapa penting makan bersama keluarga menurut penduduk Inggris. Hasilnya 49% orang yang mengikuti survei menyadari kalau makan malam bersama keluarga itu sangat penting. Sebanyak 47% lainnya mengatakan jika ingin punya waktu lebih banyak untuk makan bersama.

"Hal ini menunjukkan pergeseran tradisi makan formal yang mendukung suasana lebih santai, mungkin mengejutkan jika menyadari hal terpenting saat makan malam, selain makan, adalah menebar tawa dan keintiman antar anggota keluarga, " ujar salah satu peneliti bernama Dr Alexander.

Tradisi Makan Malam Bersama Keluarga di Inggris Mulai PudarFoto: thinkstock

Dengan kata lain, manfaat makan bersama bukan hanya sekadar berbagi makanan saja. Ada efek sosial yang bisa dirasakan tiap anggota keluarga. Efek yang memberikan kebahagiaan dan mempererat hubungan keluarga.

Menurut Dr Alexander, makan bersama keluarga sambil menonton TV sebenarnya tidak masalah. Hal ini justru membuka peluang baru yang bisa menciptakan komunikasi antar anggota keluarga.

Jadi tidak masalah makan sambil nonton TV. Asal dilakukan bersama keluarga.

Baca Juga: Jalan ke Bandung Bersama Keluarga Ajak Si Kecil Mampir ke 5 Restoran Ini (adr/odi)