Fakta Menarik Jelly Belut, Makanan Tradisional Inggris Berusia 150 Tahun

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 25 Jul 2020 14:30 WIB
- Foto: iStock/Ist
Jakarta -

Di Inggris belut tak dipanggang atau diolah jadi makanan enak. Melainkan dibuat jelly belut dengan potongan belut rebus di dalamnya.

Dikenal dengan nama Jellied Eels, agar-agar belut ini merupakan hidangan yang sudah ada sejak 150 tahun lalu di Inggris. Bahkan di era Victoria, makanan ini sempat jadi camilan yang populer.

Tentunya tidak semua orang suka dengan hidangan ini. Karena bahan dasarnya menggunakan potongan belut yang direbus kemudian dicampur ke dalam jelly. Ada sejarah menarik seputar hidangan ini.

Dilansir dari berbagai sumber berikut fakta menarik seputar jelly belut di Inggris.

Baca Juga: Krenyes Pedas si Belut Goreng Hong Lung


1. Berasal dari Abad ke 18

-- Foto: iStock/Ist

Jelly belut ini termasuk ke dalam hidangan tradisional Inggris yang pertama kali diciptakan pada abad ke 18. Awalnya jelly belut dibuat di wilayah timur kota London. Bahan pembuatannya sangat sederhana.

Ada potongan belut yang sudah direbus, kemudian air rebusan dan potongan belutnya dibiarkan hingga dingin. Setelah itu jelly belut ini siap dimakan dalam keadaan dingin.

Bagi sebagian orang mungkin makanan ini terlihat aneh dan bikin mual. Tapi dulu jelly belut ini sempat merajai jajanan kaki lima di Inggris. Semua orang suka makanan ini karena mengenyangkan dan murah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com