Manfaat Konsumsi Santan, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Perkuat Imunitas

Devi Setya - detikFood Kamis, 03 Sep 2020 13:30 WIB
Manfaat Konsumsi Santan, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Perkuat Imunitas Foto: Getty Images/WillSelarep

2. Membantu turunkan berat badan

Manfaat Konsumsi Santan, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Perkuat ImunitasManfaat Konsumsi Santan, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Perkuat Imunitas Foto: Getty Images/WillSelarep


Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa santan terbukti menurunkan berat badan karena mengandung trigliserida menengah yang bekerja untuk menurunkan berat badan dan mengontrol kenaikan berat badan yang terlalu cepat.

Studi ini juga menunjukkan orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan jika rutin mengonsumsi santan maka akan merasa kenyang lebih lama. Saat perut merasa kenyang, nafsu makan bisa ditekan sehingga tidak memicu kenaikan berat badan.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh


Belum banyak orang tahu kalau santan sebenarnya memiliki kandungan nutrisi yang membantu meningkatkan sistem imun. Santan mengandung asam laurat yang dikenal memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasi.

Dengan demikian santan membantu menghambat pertumbuhan bakteri jahat seperti Staphylococcus aureus, Mycobacterium tuberculosis dan Streptococcus pneumoniae. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung santan akan membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi bakteri.

4. Mengurangi resiko sakit maag dan jantung


Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research, air kelapa memiliki sifat antiulserogenik, yaitu mampu mengurangi sakit maag. Demikian juga pada produk olahan santan seperti minuman atau dessert segar.

Santan bahkan membantu meningkatkan kesehatan jantung dan membantu menurunkan resiko sakit jantung. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism menemukan bahwa mengonsumsi bubur kelapa menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik) sebesar 18%.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Yuk Cobain Kuliner Unik Belut dari Sumba!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com