Netizen Ini Beberkan Trik Mengaduk Makanan Anti Gagal

Devi Setya - detikFood Minggu, 19 Jul 2020 14:30 WIB
trik mengaduk masakan Foto: twitter @puspitakamil
Jakarta -

Hasil masakan yang enak ditentukan oleh bahan baku dan proses masaknya. Termasuk trik mengaduk makanan yang menentukan tekstur dan rasanya.

Meskipun terkesan mudah dan sepele, ternyata proses pengadukan saat memasak menentukan hasilnya. Seorang netizen lewat akun twitter @puspitakamil membeberkan teknik mengaduk makanan agar hasilnya anti gagal. Puspita membagikan teknik mengaduk ini setelah pengalamannya memasak bertahun-tahun.

Lewat utas yang dibuatnya ini, Puspita mendapat banyak perhatian netizen. Ia banyak mengulas soal mengaduk adonan cireng, bubur sum-sum, adonan boba hingga membuat popcorn. Sebelum menemukan trik mengaduk yang benar, Puspita sempat juga mengalami beberapa kali gagal saat memasak.

"Thread kumpulan tips masak yang melibatkan aduk mengaduk dan jarang disebutkan di resep," ujar Puspita.

trik mengaduk masakantrik mengaduk masakan Foto: twitter @puspitakamil

Baca juga : Waduh! 5 Tips Memasak yang Populer di Internet Ini Ternyata Sesat

Dalam utas, wanita yang kini tinggal di Bali ini merinci setiap masakan serta teknik mengaduknya. Pertama ada cireng yang adonan biangnya harus diaduk dan dicampur tepung tapioka saat masih panas. Setelah itu barulah adonan cireng bisa dibentuk lalu diistirahatkan dalam lemari es sebelum digoreng.

Puspita juga memberi trik membuat sushi bagi pemula. "Kalau baru pertama kali bikin sushi, jangan terlalu berani nuangin cuka. Lebih baik terlalu sedikit karena bisa ditambah, kalau kebanyakan jadi fatal. Takaranku 4 centong kayu nasi = 1/2 sdt cuka. Jangan sedikit2 pas nyobain nasinya ya, karena ga akan kerasa kalo cukanya kebanyakan," beber Puspita.

Lain lagi dengan teknik mengaduk bubur sumsum. Puspita menyarankan untuk menggunakan santan perasa pertama agar rasa bubur sumsum gurih legit. Ketika mengaduk bubur juga perlu kesabaran agar santan tidak pecah. Ketika bubur mendidih,wajar jika teksturnya masih encer karena nantinya akan mengental secara perlahan.

Banyak yang keliru soal membuat bubur sumsum karena mengira terlalu encer maka ditambahkan tepung, padahal nantinya bubur justru jadi keras dan terlalu padat.

Puspita juga memberi tips untuk mengaduk boba yang menurutnya agak 'tricky' dan susah. Adonan boba harus diuleni sampai kalis namun adonan akan terus lengket karena bahan bakunya tepung tapioka.

Triknya adalah, tuangi adonan dengan air sedikit demi sedikit agar proses pengulenan lebih mudah. Boba yang sudah matang juga sebaiknya jangan disimpan di dalam kulkas karena akan keras teksturnya. Rebus boba sesuai kebutuhan agar bisa mendapat boba kenyal dalam campuran minuman kamu.

trik mengaduk masakantrik mengaduk masakan Foto: twitter @puspitakamil

Baca juga : Gagal Total! Niat Bikin Boba Malah Jadi Cilok

Puspita juga membagikan cara mengaduk adonan brownies, sambal matah, sop ayam, chewy choco cookies hingga popcorn. Utas buatan Puspita ternyata mendapat banyak tanggapan, setidaknya cuitan ini sudah dibagikan hingga 15 ribu kali dan ratusan komentar netizen.

"Sebagai yg baru suka masak2 sejak pandemi, setuju bgt klo detil2 gini suka dilewat sama resep. Gue mikirnya oh mungkin ini pengetahuan2 yg mesti didapet via pengalaman aja kali haha," ujar netizen.

"Spesifik amat bu threadnya soal aduk mengaduk," sahut netizen lainnya.



Simak Video "Masak Masak: Bikin Camilan Mie Enak Favorit Anak-anak"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)