Sajian Maknyus Idul Adha

7 Tips Masakan Santan Tak Cepat Basi, dari Gulai hingga Tongseng

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 26 Jul 2020 15:00 WIB
Tips agar makanan tak cepat basi Foto: iStock
Jakarta -

Banyak orang mengolah daging kurban menjadi sajian bersantan. Perhatikan 7 tips berikut agar masakan santan tidak cepat basi!

Idul Adha adalah hari raya kurban untuk mereka yang mampu. Biasanya hewan yang dikurbankan adalah sapi, kambing, dan kerbau. Saat hari kurban tiba, banyak orang mendapatkan jatah daging dari orang-orang yang berkurban.

Tak hanya daging yang mereka dapatkan, tapi juga jeroan sapi atau kambing. Tulang-tulangan dan kikil juga kerap didapatkan saat pembagian hewan kurban tersebut.

Biasanya diolah menjadi aneka makanan khas Indonesia. Terutama yang berkuah santan, seperti daging sapi diolah menjadi rendang atau daging kambing menjadi tongseng. Tulang-tulangan juga bisa dimasak menjadi tengkleng yang juga bersantan.

Berikut 7 tips agar masakan santan tidak cepat basi.

Baca Juga: Bumbu Sate Sapi Maranggi yang Manis Gurihnya Meresap

1. Pilih Kelapa yang Tua

Tips agar makanan tak cepat basiTips agar makanan tak cepat basi Foto: iStock

Kelapa jadi bahan utama pembuatan santan. Untuk menghasilkan santan yang bagus sebaiknya gunakan kelapa yang sudah tua dan masih segar. Ciri-cirinya bisa dilihat dari dagingnya yang keras dan mudah patah.

Tapi jangan pilih kelapa yang sudah retak atau kering karena nantinya kualitas santan tak lagi bagus. Kelapa yang tua akan menghasilkan kandungan minyak yang lebih banyak dan bisa membuat masakan bersantan lebih gurih.

2. Gunakan Air Matang

Tips agar makanan tak cepat basiTips agar makanan tak cepat basi Foto: iStock

Agar menghasilkan cairan santan yang bagus, setelah kelapa selesai diparut langsung ditambahkan air secukupnya. Tapi perlu diperhatikan untuk menggunakan air matang.

Air matang yang hangat akan menghasilkan santan yang lebih awet. Penggunaan air matang juga lebih menjamin kebersihan dan terhindar dari bakteri.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3