Kaya Nutrisi, Ini Khasiat Buah Parijoto Bagi Wanita Hamil

Dian Utoro Aji - detikFood Kamis, 03 Sep 2020 11:30 WIB
Khasiat Buah Parijoto Bagi Wanita Hamil Foto: dok.detikFood/Dian Utoro Aji
Kudus -

Warga Jawa Tengah percaya tanaman berbuah mungil ini kaya khasiat. Dapat meningkatkan kesuburan hingga menjaga kesehatan bayi dalam kandungan.

Untuk mendapatkan buah parijoto nama latin Medinila Speciosa tidak sulit. Selain di Jawa Tengah di beberapa wilayah pulau Bali dan daerah lain juga dimanfaatkan turun menurun. Seperti di Desa Colo Kecamatan Dawe atau sekitar kompleks makam Sunan Muria banyak ditemui pedagang buah parijoto.

Pantauan detikcom banyak pedagang menjajakan buah parijoto di Desa Colo, tepatnya kompleks Makam Sunan Muria, Rabu (2/9/2020). Mulai dari terminal dan pangkalan ojek wisata Sunan Muria banyak ditemui pedagang parijoto.

Khasiat Buah Parijoto Bagi Wanita HamilKhasiat Buah Parijoto Bagi Wanita Hamil Foto: dok.detikFood/Dian Utoro Aji

Salah satu pedagang buah parijoto, Sukanah (50) mengatakan sudah berpuluh tahun berjualan buah parijoto. Menurutnya buah parijoto memiliki banyak khasiat. Terutama bagi kesuburan hingga menjaga kesehatan bayi dalam kandungan.

"Ya biasanya untuk kesuburan kehamilan, kalau bayi lahir perempuan akan cantik kalau laki - laki akan ganteng, itu yang sudah dikenal banyak orang," kata Sukanah saat ditemui di Desa Colo Kecamatan Dawe, Kudus, Rabu (2/9).

Sukanah menceritakan, bahwa buah parijoto hanya ditemui di wilayah Desa Colo Kecamatan Dawe. Konon ada sahabat Sunan Muria yang dibuatkan rujak dari buah parijoto. Pada saat itu, menurutnya anak dari kerabat Sunan Muria jika lahir laki - laki akan tampan sedangkan kalau perempuan akan cantik.

Khasiat Buah Parijoto Bagi Wanita HamilKhasiat Buah Parijoto Bagi Wanita Hamil Foto: dok.detikFood/Dian Utoro Aji

"Ceritanya itu ada sahabat Mbah Sunan Muria pernah makan dibuatkan rujak parijoto. Waktu itu saudara Mbah Sunan sedang hamil, lalu Mbah Sunan ngomong jika anaknya lahir perempuan akan cantik kalau laki - laki akan ganteng, itu cerita sesepuh yang ada di sini," ungkap dia.

Menurut Sukanah tidak jarang orang datang jauh-jauh hanya untuk mendapatkan buah parijoto. Dia kembali bercerita bahwa ada orang dari Surabaya hanya ke Colo mencari buah parijoto.

"Pernah ada dari Surabaya itu cari buah parijoto. Ya karena istrinya lama belum punya anak. Dan setelah makan buah parijoto lahir punya anak, karena setelah lahir dia datang ke sini. Ya ngomong ke saya, sampun gadah keturunan (sudah memiliki keturunan). Itu lah yang kehendak gusti Allah, saya tidak tahu," paparnya.

Khasiat Buah Parijoto Bagi Wanita HamilKhasiat Buah Parijoto Bagi Wanita Hamil Foto: dok.detikFood/Dian Utoro Aji

Untuk satu ikat buah parijoto dijual dengan harga Rp 15 ribu. Biasanya buah parijoto dibuat rujak dan dimakan wanita sedang hamil karena rasanya asam segar.

"Pembeli ada dari Surabaya, Kalimantan, Malaysia juga ada. Biasanya yang belum punya anak atau sudah hamil yang berusia satu bulan hingga empat bulan," ujar dia.

Pedagang buah parijoto lainnya, Masanah (80) mengaku sudah lama berjualan buah parijoto. Menurutnya buah parijoto dicari bagi pasangan belum memiliki keturunan atau pasangan yang keinginan anaknya cantik atau tampan.

"Ya kalau kepercayaan dan cerita di masyarakat buah parijoto bisa membuat bayi ganteng kalau cowok dan cantik kalau cewek. Tapi itu semua kersanen (kehendak) gusti Allah," ujar Masanah saat ditemui siang ini.

Khasiat Buah Parijoto Bagi Wanita HamilKhasiat Buah Parijoto Bagi Wanita Hamil Foto: dok.detikFood/Dian Utoro Aji

Menurutnya, buah parijoto banyak ditemukan di wilayah gunung Muria. Terutama di Desa Colo Kecamatan Dawe, Kudus. "Kalau kulakan di sini banyak, tinggal beli perikatnya saja," tambah Masanah.

Buah parijoto berbentuk untaian mirip tangkai buah anggur dengan buah bulat kecil berwarna ungu kemerahan yang bergerombol. Rasanya asam segar sedikit sepat. Buah ini dikenal kaya akan antioksidan dan beta karoten, flavonoid dan saponin. Nutrisi ini sangat baik untuk wanita hamil dan janin dalam kandungan.

Buah parijoto sering dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah karena buahnya cantik. Kini buah parijoto juga bisa dibeli lewat toko online di beberapa marketplace dengan harga terjangkau. Umumnya dimakan segar atau dipakai sebagai campuran rujak buah.



Simak Video "Hidangan Lebaran: Nasi Opor Gosong Khas Kudus"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)