Pemetik Kelapa Ini Panjat Pohon 25 Meter untuk Panen 2.000 Kelapa Tiap Hari

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 02 Sep 2020 11:30 WIB
Pemetik kelapa Foto: Shutterstock
Jakarta -

Bagaimana 'perjalanan' kelapa sebelum dinikmati? Buah tropis ini dipetik oleh pemetik kelapa yang panjat pohon setinggi 25 meter. Begini kisah para pemetik kelapa di India.

Kelapa merupakan buah serbaguna yang seluruh bagiannya bisa dimanfaatkan, mulai dari daun, akar, hingga buahnya. Untuk menikmati buah kelapa, ada proses panjang di baliknya yang jarang orang-orang tahu.

Mengingat buah ini tumbuh di pohon yang sangat tinggi, maka diperlukan jasa seseorang untuk memetiknya. Sering kali mereka memanjat pohon kelapa dengan kaki telanjang, tanpa alat bantu, dan alat pengaman yang mumpuni. Tapi kini industrinya mulai berubah ke arah lebih baik.

South China Morning Post (31/8) merangkum kisah para pemetik kelapa di Kerala, India. Diperkirakan ada sekitar 50 ribu pria yang jalani profesi ini. Disusul wanita yang jumlahnya terus bertambah.

Begini kisah para pemetik kelapa dalam melakukan tugasnya dari waktu ke waktu:

1. Butuh teknik dalam memanjat pohon kelapa yang sangat tinggi

Pemetik kelapaPemetik kelapa Foto: Getty Images

Rajeev Thuruthipilly Ouseph adalah salah satu pria yang berprofesi sebagai pemetik kelapa di Kerala. Pria 50 tahun ini mengingat masa-masa dimana ia harus memanjat pohon kelapa yang sangat tinggi. Tanpa bantuan alat pengaman atau apapun yang memudahkan pekerjaannya.

Ouseph mengatakan ia harus mengandalkan kekuatan tangan dan kakinya dengan maksimal. Keduanya melingkari diameter pohon dengan erat. Ouseph lalu memanfaatkan kulit kayu untuk menjangkau kelapa-kelapa di bagian teratas.

Biasanya beberapa pohon kelapa mencapai tinggi 25 meter. Ouseph mengaku dulunya pemetik kelapa adalah profesi penuh bahaya. Risiko terluka, cacat, hingga kematiannya sangat tinggi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Unik! Bakso Kelapa Muda yang Nikmat dan Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com