Rutin Minum Air Kelapa Bikin Awet Muda dan Tak Mudah Sakit

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 17 Apr 2018 13:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Air kelapa tak hanya baik bagi ibu hamil, tapi juga semua orang. Air kepala memiliki segudang manfaat yang sangat baik bagi kesehatan hingga perawatan kulit.

Minuman ini jadi salah satu minuman alami yang baik untuk tubuh. Rasanya yang enak, air kelapa juga dapat mencegah panuaan dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Dikutip dalam NDTV (16/04), berikut ini beberapa manfaat air kelapa untuk tubuh.

Baca juga: Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Minum Segelas Air Kelapa?

1. Cegah gangguan pencernaan

Jika Anda menderita gangguan pencernaan, air kelapa bisa membantu Anda. Enzim alami yang ada dalam air kelapa dapat membantu Anda. Ketika Anda sedang menderita diare atau alami masalah perut, beberapa gelas air kelapa dapat membantu menenangkan perut dan pulih lebih cepat.

Selain itu, air kelapa juga mengandung elektrolit yang dapat mengganti cairan tubuh ketika diare.

Rutin Minum Air Kelapa Bikin Awet Muda dan Tak Mudah SakitFoto: iStock

2. Minuman alami

Banyak minum air kelapa tak akan mempengaruhi kesehatan. Air kelapa merupakan minuman enak alami yang tidak memiliki zat aditif dan bisa atasi dehidrasi. Anak-anak dan orang dewasa dapat menikmati minuman menyegarkan alami ini karena mengandung vitamin hingga mineral yang bisa bantu menutrisi rambut hingga wajah. Selain mineral, komposisi air kelapa terdiri dari vitamin C dan juga asam amino.

3. Anti penuaan

Air kelapa mengandung sitokinin di dalamnya yang merupakan agen anti penuaan yang terkenal. Selain itu, air kelapa juga dapat menghidrasi kulit agar lebih kencang dan berseri.

Rutin Minum Air Kelapa Bikin Awet Muda dan Tak Mudah SakitFoto: iStock

4. Jus buah vs air kelapa

Air kelapa memiliki konsentrasi mineral yang lebih baik daripada jus buah. Penelitian telah menunjukkan bahwa jus buah dapat memberikan dorongan asupan gula. Air kelapa lebih rendah kalori dan memiliki gula alami yang lebih sehat dibandingkan dengan jus buah.

5. Membantu membakar lebih banyak lemak

Air kelapa dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda. Semakin tinggi metabolisme, semakin banyak lemak yang dibakar. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa meskipun air kelapa memiliki konsentrasi karbohidrat yang sangat rendah, itu dapat memberi rasa kenyang. Sehingga minum air kelapa juga dapat membantu turunkan berat badan.

6. Tingkatkan kekebalan tubuh

Selain mengandung magnesium dan potassium ang dapat menjaga kesehatan jantung. Air kelapa memiliki sifat anti virus dan anti bakteri yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Rutin Minum Air Kelapa Bikin Awet Muda dan Tak Mudah SakitFoto: iStock

7. Sehatkan kulit dan rambut

Air kelapa ternyata dapat melawan jerawat dan cegah timbulnya noda pada kulit. Selain bisa diminum, air kelapa juga bisa dioleskan ke wajah untuk membantu meremajakan kulit. Selain itu, air kelapa dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan efektif melawan ketombe.

Baca juga: Ini 4 Manfaat dari Air Kelapa yang Bisa Bikin Wajah dan Rambut Lebih Sehat (lus/odi)