Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Minum Segelas Air Kelapa?

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 29 Sep 2017 17:25 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Air kelapa yang menyegarkan ternyata memiliki efek baik untuk tubuh. Tapi sebenarnya, kapan sih waktu yang tepat untuk menikmati air kelapa agar manfaatnya optimal?

Air kelapa dianggap sebagai minuman yang kaya akan manfaat. Terlebih lagi saat musim panas, tidak hanya menyegarkan tenggorokan tapi juga bisa memberikan dorongan energi. Air kelapa mengandung rendah kalori dan mengandung enzim alami serta potasium. Walaupun bisa dikonsumsi kapan saja, tapi dikutip dalam NDTV (26/09) ada waktu terbaik yang direkomendasikan untuk menikmati segelas air kelapa murni.

Baca juga: Selain Segar untuk Buka Puasa, Air Kelapa Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

1. Minum pagi hari

Minum di pagi hari saat perut kosong dapat memberikan efek positif untuk tubuh. Air kelapa mengandung asam laurat, yang dapat membantu tingkatkan sistem imun, optimalkan metabolisme dan membantu penurunan berat badan. Wanita hamil dianjurkan untuk rutin konsumsi air kelapa untuk melawan dehidrasi dan cegah sembelit. Air kelapa bisa meringankan morning sickness dan heartburn yang merupakan gejala kehamilan umum.

2. Sebelum atau sesudah berolahraga

Air kelapa bisa jadi pengganti minuman elektrolit sehingga bisa membantu menghidrasi tubuh dan meningkatkan energi selama olahraga. Sedangkan setelah olahraga, air kelapa dapat membantu mengisi kembali elektrolit yang hilang selama sesi olahraga. Minum air kelapa dapat membantu dapat mengatasi kelelahan dan bisa jadi pasokan energi.

Air kelapa yang sehat mengandung elektrolit.Air kelapa yang sehat mengandung elektrolit. Foto: iStock

3. Sebelum dan sesudah makan

Minum segelas air kelapa bisa hasilkan sensasi menyegarkan sekaligus membuat kenyang jika dikonsumsi sebelum makan dan mencegah makan berlebih. Akan tetapi jika dikonsumsi setelah makan, bisa memperlancar sistem pencernaan dan juga mencegah kembung. Konsumsi air kelapa secara teratur dapat menjaga tekanan darah lebih normal dan memperbaiki fungsi pencernaan.

4. Sebelum tidur

Aroma air kelapa yang manis dapat mempengaruhi efek psikologis yang membantu mengurangi kecemasan dan memperlambat denyut jantung. Konsumsi rutin air kelapa juga dapat membantu lawan stres dan menenangkan pikiran. Minum air kelapa sebelum tidur dapat membantu keluarkan racun dan bersihkan saluran kemih sehingga mencegah infeksi dan masalah ginjal.

Air kelapa alami ternyata juga dapat membantu turunkan berat badan dan ringankan mabuk.Air kelapa alami ternyata juga dapat membantu turunkan berat badan dan ringankan mabuk. Foto: iStock

5. Ringankan mabuk
Segelas air kelapa disebut-sebut dapat mengurangi rasa mabuk. Konsumsi terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan menyebabkan sakit kepala hingga mual keesokan harinya. Air kelapa dapat membantu melawan keduanya karena dapat mengendalikan elektrolit yang hilang. Air kelapa mengandung potasium, mangan, vitamin C, kalsium dan serat.

Baca juga: Benarkah Air Kelapa dapat Menjadi Pengganti Cairan Tubuh? (lus/odi)