Kokain Senilai Rp 80 Miliar Diselundupkan Bersama Kentang dan Ubi

Devi Setya - detikFood Senin, 31 Agu 2020 14:30 WIB
penyelundupan narkoba dalam makanan Foto: foxnews
Jakarta -

Sering kali makanan dijadikan alat untuk menyelundupkan narkoba. Kali ini ada kokain senilai hampir Rp 80 Miliar diselundupkan bersama kentang dan ubi.

Dikabarkan Fox News (31/8) petugas bandara di Inggris menemukan penyelundupan narkoba dalam jumlah fantastis. Narkoba jenis kokain ini dibawa masuk ke Inggris bersama puluhan kardus kentang dan ubi. Ada dua paket yang diketahui berisi kokain yang disembunyikan dalam tumpukan kentang serta ubi.

Kokain senilai $5,5 juta (Rp 79.9 miliar) ini dikirim dalam dua penerbangan asal Kingston, Jamaika. Adanya temuan kokain ini membuat pihak berwenang Inggris langsung bergerak menyita barang haram ini begitu pesawat mendarat di Bandara Gatwick London.

Badan Kejahatan Nasional Inggris, kokain senilai jutaan dolar ini dikirim dua kali dalam seminggu. Untuk mengelabui petugas, kokain disembunyikan dalam sayuran, ubi jalar dan kentang.

penyelundupan narkoba dalam makananpenyelundupan narkoba dalam makanan Foto: foxnews

Pada pengiriman peti pertama berisi sekitar 48 pon (21 kilogram) kokain. Sementara pada pengiriman kedua berisi sekitar 66 pon (30 kilogram) kokain. Ada juga temuan kokain cair yang dengan bobot 6 pon (2,7 kilogram).

Direktur Regional untuk Pasukan Perbatasan Tim Kingsberry mengatakan, "Melalui ketekunan dan kerja keras petugas Pasukan Perbatasan, kami telah mencegah jutaan pon kokain mencapai jalan-jalan Inggris."

"Saya harap temuan ini mengirimkan pesan yang jelas kepada siapa saja yang mengira mereka dapat menyelundupkan obat-obatan berbahaya ke Inggris. Kami akan menemukan dan menyita barang-barang ini dan kami akan membawa Anda ke pengadilan," ungkapnya.


Dalam sebuah posting di situs web Badan Kejahatan Nasional, Komandan Cabang Mark McCormack berkata, "Bekerja dengan rekan-rekan kami di Pasukan Perbatasan kami bertekad untuk melakukan semua yang kami bisa untuk menghentikan obat-obatan golongan A mencapai jalan-jalan Inggris, di mana mereka dapat menyebabkan begitu banyak kerusakan. Dan penyelidikan kami sedang berlangsung."

Kasus penyelundupan narkoba lewat makanan bukan kali ini saja terjadi. Beberapa kali pihak berwajib menyita narkoba yang berusaha diselundupkan dengan cara disembunyikan dalam makanan.

penyelundupan narkoba dalam makananpenyelundupan narkoba dalam makanan Foto: foxnews

Di Nigeria pernah ada aksi penyelundupan narkoba jenis shabu di dalam potongan daging berbumbu. Kabar ini sempat viral karena banyak netizen yang menyebut daging ini mirip rendang.

Lain lagi dengan kasus di Spanyol. Pihak kepolisian setempat menemukan 180 kilogram nanas yang sudah diberi isi kokain. Buah nanas ini sengaja dibelah dan diambil dagingnya agar bisa dijadikan wadah untuk menampung narkoba jenis kokain.



Simak Video "Bikin Laper: Uniknya Angkringan Garut yang Hidangkan 50 Jenis Sate"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com