Roti Manis Kekinian

Yohanes Adhijaya, Baker Muda dari Bandung yang Jago Bikin Ragi Alami

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 28 Agu 2020 13:30 WIB
Yohanes Adhijaya Foto: Instagram yohanesadhijaya
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian

2. Ajarkan proses pembuatan ragi alami

Yohanes AdhijayaYohanes Adhijaya Foto: Instagram yohanesadhijaya

Ciri khas Yohanes saat mengajarkan pembuatan roti pada peserta kelasnya adalah merekomendasikan penggunaan ragi alami. Ia menyebut ragi ini lebih sehat karena tidak bikin kembung saat makan banyak roti.

"Kita selalu ajarin bikin ragi alami. Sampai ke diaplikasikan ke resep roti, jadi yang bikin beda itu karena namanya ragi ya, kita concern ke raginya yang sehat alami," tutur Yohanes.

Ia menjelaskan, "Ragi alami itu ngembangnya emang kurang cepat. Sementara ragi instan itu bikin adonan ngembang cepat tapi gluten di tepungnya itu nanti belum terurai dengan baik. Jadi kalau kita makan, suka kembung."

3. Tren Hokkaido milk bread

Yohanes AdhijayaYohanes Adhijaya Foto: Instagram yohanesadhijaya

Tak hanya dipakai untuk membuat sourdough, ragi alami juga dimanfaatkan Yohanes untuk membuat Hokkaido milk bread yang tengah tren.

Roti manis ini berasal dari Jepang. "Yang bikin beda tuh bahannya kita pakai tepungnya dari tepung Jepang. Teknik pembuatannya juga. Teksturnya milky dan lembut banget," kata Yohanes.

Ia menjelaskan proses pembuatan Hokkaido milk bread dengan ragi alami memang lebih sulit tapi kualitasnya dijamin lebih baik. "Beda di lama waktu pembuatannya. Kalau pakai ragi alami lebih lama. Tapi lebih sehat. Di kelas kita ajarin 3 varian Hokkaido milk bread yaitu original, black sesame, dan ubi ungu," tambah Yohanes.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nostalgia Kuliner Tempo Dulu Khas Jateng-Jatim di Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com