Roti Manis Kekinian

Japanese Milk Bun Ngetren, Baker Ini Banjir Pesanan Sampai PO 2 Minggu!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 27 Agu 2020 19:00 WIB
Japanese milk bun Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian
Jakarta -

Berawal dari bikin roti untuk isi waktu 'gabut' akibat pandemi COVID-19, baker ini sekarang sukses jualan Japanese milk bun. Untuk beli harus pre order (PO) sampai 2 minggu!

Adalah Cindy, baker yang sukses mendirikan Mille Treats dengan Japanese milk bun sebagai menu utamanya. Berupa roti kasur gaya Jepang yang memiliki ciri khas super lembut dan empuk.

Baca Juga: Japanese Milk Bun, Roti Kasur Jepang yang Super Lembut dan Fluffy

Cindy menawarkan roti ini dalam pilihan plain (polos) dan dengan isian. Diantaranya strawberry, Milo Nutella, ube cheese, choco crunchy, dan blueberry. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 65.000 sampai Rp 95.000 per boks.

Japanese milk bunCindy, baker Mille Treats yang memproduksi Japanese milk bun Foto: dok. detikFood

Ditemui detikFood (25/8), wanita asal Banjarmasin ini bercerita awal mula dirinya menjual Japanese milk bun. "Pas karantina (COVID-19) itu iseng-iseng bikin roti," tutur Cindy. Ia melakukannya otodidak dengan uji coba berkali-kali pada April 2020.

"Sampai 14 kali coba. Itu bangunnya subuh-subuh, jam 3 pagi bikin roti. Buat makan sendiri awalnya. Bikinnya udah sampai nangis-nangis, beneran udah mau nyerah. Tapi akhirnya bisa juga," jelas Cindy.

Menurutnya hal tersulit dari pembuatan Japanese milk bun adalah mencari komposisi resep roti yang pas. Cindy mengatakan, "Kadang rotinya lebih keras, nggak cantik, lebih cokelat warnanya. Sehari jadi keras, nggak empuk. Lumayan susah buat cari tekstur roti yang pas."

Japanese milk bunJapanese milk bun Foto: dok. detikFood

Soal peminat, Cindy tak menyangka kalau antusiasme masyarakat untuk mencoba begitu besar. "Antusiasmenya tinggi. Tiap buka pre order (PO) bisa sampai 200 ratusan orang. PO sekarang bisa sampai 2 minggu baru dapat," tambah wanita ramah ini.

Japanese milk bun Mille Treats dibuat di rumah produksi sendiri yang ada di di kawasan Jakarta Barat. "Bahan-bahan sama dengan yang lain. Cuma kalau Mille Treats kita lebih milih bahan-bahannya yang terbaik. Kita nggak mentingin harganya lebih tinggi, yang penting kualitasnya baik," tegas Cindy.

Untuk produksinya, dalam satu batch, Mille Treats bisa memanggang 18-20 roti sekaligus. Waktunya cukup lama, sampai dua jam. Cindy berujar, "Dari jam 3 pagi sampai 11 malam itu biasanya baking terus."

Cindy juga menginformasikan ciri khas Japanese milk bun di tempatnya tidak memakai pewarna makanan tambahan. Sehingga warnanya cenderung pastel dan tidak mencolok.

Japanese milk bunJapanese milk bun Foto: dok. detikFood

"Warnanya itu bawaan dari bubuk taronya. Jadi aku nggak pakai pewarna tambahan. (Misalnya) warna ungu dari bubuk taro. Warna pink bukan dari pewarna merah tapi dari selai strawberrynya," beber Cindy.

Untuk pemesanan, Mille Treats melayaninya via Direct Message (DM) Instagram. Selain roti kasur gaya Jepang ini, Mille Treats juga menjual kopi dan aneka susu rasa buah yang menarik dicoba.

Baca Juga: Japanese Milk Bun yang Super Lembut Ada di 5 Tempat Ini



Simak Video "Kisah Baker Japanese Milk Bun: Gabut Karantina hingga Kebanjiran Pesanan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com