5 Orang Asing Ini Sukses Jualan Makanan di Indonesia, Apa Menunya?

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 20 Agu 2020 09:00 WIB
Nasi Kebuli Jordan Foto: YouTube / Edho Zell
Jakarta -

Tempat makan ini diserbu pembeli karena menawarkan racikan autentik. Penjualnya adalah orang asing dari negara tempat hidangan itu berasal.

Selain menawarkan rasa hidangan yang enak, beberapa penjual makanan juga harus berstrategi agar jualan mereka laku. Beberapa orang asing yang tinggal di Indonesia ini mengandalkan kemampuan memasak mereka untuk berjualan.

Seperti kebab yag sempat viral bahkan harus antre beberapa hari untuk menikmatinya. Ini karena penjualnya asli orang Turki. Sajian kebabnya pun berbeda dari yang umum ada di Indonesia.

Lalu ada juga penjual takoyaki di Solo, Jawa Tengah yang viral dan diserbu pembeli. Penjualnya asli orang Jepang yang sudah tinggal di Indonesia sejak tahun 2002. Harga yang dibanderol juga sangat terjangkau, tak heran warung ini ramai pembeli.

Masih banyak lagi makanan yang dijual oleh orang asing di Indonesia. Seperti ayam goreng bumbu Spanyol hingga nasi kebuli di Tangerang yang asli diracik orang Timur Tengah.

Berikut 5 orang asing yang menjual makanan di Indonesia.

1. Penjual Kebab Asli Turki

kebab istanbulkebab istanbul Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Kebab memang banyak ditawarkan di Indonesia. Banyak juga penjual kebab kaki lima, tapi sayangnya racikannya tidak asli dari Turki. Biasanya mereka hanya menggunakan roti tortila, lalu diberikan isian selada, bawang bombai, daging asap, mayonaise, dan aneka saus.

Padahal kalau kebab asli dari Turki menggunakan tumpukkan daging ayam atau sapi sungguhan yang ditusuk lalu dipanggang di samping api. Nah, di Jakarta beberapa waktu lalu kebab yang penjualnya asli orang Turki ini sempat viral.

Berlokasi di kawasan Sawah Besar dan biasanya dikenal dengan sebutan Kebab Istanbul. Pemilik warung kebab ini adalah Muhammad Mustafa, ia pun sudah berjualan kebab di Indonesia selama 5 tahun.

Di sini Mustafa meracik kebabnya dengan rempah asli dari Turki. Isiannya juga melimpah, seperti selada, tomat, irisan bawang bombai, daging dan saus. Roti tortila untuk membungkus kebab inipun dibuat sendiri oleh Mustafa.

Baca Juga: Viral! Kebab Istanbul Autentik Buatan Orang Turki di Sawah Besar

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Jajal Makanan Legendaris di Pasar Cihapit Bandung"
[Gambas:Video 20detik]