Mau Coba? Ayam Goreng di Kemayoran Ini Dibuat Orang Spanyol Asli

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 01 Jan 2020 13:00 WIB
Foto: Youtube Boengkoes Network
Jakarta - Ayam goreng di Kemayoran ini istimewa karena diracik orang Spanyol asli. Bumbu bawang putihnya juga membuat ayam goreng ini berbeda.

Dalam menjual makanan diperlukan keahlian khusus untuk menciptakan hidangan yang memiliki cita rasa lezat dan menarik perhatian pembelinya. Selain memiliki rasa lezat, penjual makanan juga harus memiliki daya tarik tersendiri.

Ada beberapa penjual makanan yang memiliki paras tampan dan cantik sehingga menarik perhatian para pembelinya. Ada pula yang menarik perhatian karena rasa hidangannya memang nikmat. Selain itu, orang asing yang menjual hidangan dari negara asalnya juga kerap memikat perhatian.
Mau Coba? Ayam Goreng di Kemayoran Ini Dibuat Orang Spanyol AsliFoto: Youtube Boengkoes Network

Penjual berkebangsaan asing akhir-akhir ini sedang banyak diperbincangkan di Indonesia. Sebelumnya ada penjual kebab di Sawah Besar yang viral karena penjualnya adalah orang Turki asli. Ada pula penjual takoyaki di Solo yang merupakan orang Jepang asli.

Di Kemayoran ada penjual ayam goreng bumbu bawang putih asal Spanyol, Pollo al Ajillo. Ayam dimasak menggunakan marinasi lada hitam bubuk dan garam, lalu digoreng dengan minyak zaitun, dan diberikan bawang putih serta bawang merah yang telah dihaluskan. Hidangan ini dijual langsung oleh orang asli Spanyol yang tinggal di Indonesia.

Baca Juga: Viral! Kebab Istanbul Autentik Buatan Orang Turki di Sawah Besar

Penjual ayam goreng Spanyol ini diunggah dalam video YouTube milik Boengkoes Network pada 26 Desember lalu. Video ini sudah ditonton sebanyak 386.000 sampai saat ini.

Jika Anda penasaran untuk mencicipi cita rasa dari ayam goreng Spanyol ini, Anda bisa mengunjunginya di kawasan Pusat Wisata Kuliner JTS Kemayoran. Menurut YouTuber Boengkoes Network, penjual ayam goreng ala Spanyol ini merupakan warga negara asing yang berasal dari Barcelona, Spanyol.

Penjual ayam goreng tersebut bernama David. David menikah dengan orang Indonesia dan kini menetap di Indonesia. Dalam video tersebut David juga menjelaskan alasannya menjual ayam goreng bumbu bawang putih asal Spanyol ini.

Mau Coba? Ayam Goreng di Kemayoran Ini Dibuat Orang Spanyol AsliFoto: Youtube Boengkoes Network

Awalnya ia tak berniat untuk menjual ayam goreng bumbu bawang putih ala Spanyol ini melainkan ingin menjual pasta. Namun saat itu ia sedang masak ayam goreng tersebut di rumah, dan istrinya pun menyukainya.

Tak hanya istrinya yang mencicipi, David juga meminta keluarga dari istri David untuk mencicipi ayam goreng buatannya. Dan ayam itu pun disukai oleh keluarga dari istri David tersebut. Akhirnya ia menjual ayam goreng tersebut dan niatnya untuk menjual pasta itu dibatalkan.

Baca Juga: Laris Manis, 5 Bule Ini Jadi Penjual Es Pisang Ijo dan Takoyaki

Ayam goreng Spanyol ini dijual dengan harga Rp. 20.000 dan disajikan bersama nasi putih hangat, lapapan, sambal, serta kacang dan teri. Ayam goreng Spanyol disajikan bersama makanan Indonesia karena David ingin ada cita rasa dari makanan yang ia jual tersebut.

Mau Coba? Ayam Goreng di Kemayoran Ini Dibuat Orang Spanyol AsliFoto: Youtube Boengkoes Network

Menurut YouTuber Boengkoes Network, ayam goreng Spanyol ini cita rasanya sangat enak. Walaupun tidak melalui proses ungkep, namun rasa bumbunya meresap hingga ke dalam ayam.

Bumbu yang paling dominan pada ayam goreng ini adalah bawang putih dan bawang merah, namun bumbu tersebut sangat nikmat saat berpadu dengan nasi putih hangat. Menurut YouTuber Boengkoes Network ini pun tak perlu sambal untuk menyantapnya.

Simak Video "Ayam Goreng Serundeng Beraroma Nan Gurih"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)