Cara Membuat Nasi Tumpeng 17 Agustus Plus Lauk-pauknya

Odilia WS - detikFood Minggu, 16 Agu 2020 10:00 WIB
nasi tumpeng Foto: istimewa
Jakarta -

Nasi tumpeng 17 Agustus yang berupa nasi kuning dan lauk-pauknya bisa dibuat sendiri. Apa saja lauk-pauk pelengkap nasi tumpeng ini?

Meskipun tak ada lomba menghias atau membuat nasi tumpeng 17 Agustus karena pandemi corona, kamu tetap bisa bikin nasi tumpeng. Pastinya untuk dinikmati bersama keluarga di hari libur.

Nasi tumpeng dalam tradisi Jawa merupakan perwujudan ucapan syukur yang disusun dari semua hasil bumi dan ladang. Karenanya dibuat bentuk kerucut yang mengarah ke atas kepada Tuhan YME. Setiap elemennya bukan sekedar lauk tetapi mewakili elemen kehidupan.

Kini nasi tumpeng kuning tetap dibuat sebagai bentuk ucapan syukur secara tradisional khususnya di pulau Jawa. Meksipun kini bentuknya tak melulu kerucut tetapi berundak atau segi empat tetapi makna 'syukur' tetap dihadirkan dalam kemasan modern.

Jika kamu ingin merangkai nasi tumpeng untuk dinikmati bersama keluarga, berikut ini elemen nasi kuning berikut 7 lauk-pauk yang bisa dihadirkan untuk melengkapi wujud syukur.

nasi kuningNasi Tumpeng 17 Agustus Plus Lauk-pauknya Foto: iStock

1. Nasi Kuning

Nasi merupakan makanan pokok yang selalu dihadirkan sebagai bahan utama tumpeng. Bisa berupa nasi putih atau nasi kuning. Beberapa daerah di Indonesia memakai nasi kuning sebagai lambang ucapan syukur. Karena warna kuning berarti kegembiraan, syukur dan harapan.

Warna kuning diperoleh dari pemakaian kunyit dalam memasak nasi kuning. Juga dipakai santan sehingga nasi kuning terasa gurih dan pulen. Bentuk nasi tumpeng berupa kerucut yang melambangkan mengarah pada Tuhan YME. Memuliakan dan mengucap syukur kepadaNya.

Kini nasi tumpeng sering dibuat seperti cake ulang tahun dengan bentuk berundak. Meskipun bentuk ini bertentangan dengan makna kebulatan tekad dan mengerucutkan kehendak pada Tuhan. Tetapi sebagai tren kuliner bisa saja dilakukan. Untuk resep Nasi Kuning bisa dilihat di sini!

2. Ayam Ingkung

Ayam kampung jantan yang muda menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat untuk menyampaikan rasa syukur pada Tuhan. Ayam ini biasanya dimasak dengan bumbu rujak atau bumbu kuning dan dimasak utuh, tidak boleh dipotong-potong.

Selanjutnya ayam utuh ditaruh di bagian tengah tampah sebagai pusat lauk utama. Kini banyak orang menyajikan ayam dalam bentuk digoreng atau potongan. Semata-mata agar mudah dimakan dan ditata dalam rangkaian tumpeng. Untuk membuat Ayam Bumbu Rujak cek resepnya di sini!

Nasi Tumpeng 17 Agustus Plus Lauk-pauknyaNasi Tumpeng 17 Agustus Plus Lauk-pauknya Foto: iStock

3. Urap Sayuran

Semua sayuran hasil bumi atau hasil kebun dipilih yang terbaik. Seperti kangkung yang berasal dari air, tauge yang melambangkan pertumbuhan dan kacang panjang yang mewakili panjang umur. Sedangkan bayam mewakili ketenangan atau adem ayem dan kangkung sebagai simbol mudah beradaptasi.

Tidak asal diambil tetapi dipilih yang bisa menyimbolkan ucapan syukur. Kemudian sayuran dibuat kuluban atau urap yang dicampur dengan bumbu urap. Kelapa parut yang diaduk dengan bumbu cabe sehingga rasanya pedas gurih.


4. Ikan Asin Goreng

Ikan dari laut mewakili hasil laut. Di dalam tumpeng disajikan berupa ikan asin petek utuh atau jenis lain. Di beberapa daerah dipakai ikan lele goreng.

Ikan kini disajikan dalam bentuk ikan goreng tepung atau ikan goreng yang dipotong-potong atau dibumbu kuning. Ikan asin masih dipilih yang berdaging dan utuh seperti ikan jambal roti atau kakap asin.

5. Telur pindang

Telur melambangkan kehidupan baru. Selain itu telur juga merupakan bahan makanan yang mudah dan murah serta enak rasanya. Telur pindang yang masih berkulit mewakili kebulatan tekad atau kemantapan kehendak.

Selain telur pindang dipakai juga telur rebus atau telur dadar yang diiris kasar. Dinikmati sebagai taburan. Beberapa orang juga memakai telur puyuh rebus yang diolah menjadi sambal goreng.

Nasi Tumpeng 17 Agustus Plus Lauk-pauknyaNasi Tumpeng 17 Agustus Plus Lauk-pauknya Foto: iStock

6. Sambal goreng kentang hati

Kentang merupakan hasil bumi yang didapat dari dalam tanah. Umumnya diolah menjadi sambal goreng hati dengan rasa pedas gurih. Atau hati dan ampela ayam diolah dengan bumbu cabe yang pedas. Sementara kentangnya diolah menjadi perkedel.

Meskipun dalam nasi tumpeng tradisional, tidak dikenal sambal goreng kentang dan hati atau perkedel kentang. Tetapi dalam tatanan tumpeng baru dipakai sebagai lauk penyeimbang rasa pedas gurih. Resep Sambal Goreng Kentang Ati bisa dilihat di sini!

7. Orek tempe

Tempe merupakan makanan populer di Jawa yang terbuat dari fermentasi kedelai. Tempe biasanya disajikan dalam nasi tumpeng berupa tempe bacem bersama tahu. Tetapi ada juga yang menghadirkan dalam bentuk orek tempe basah atau kering tempe.

Rasa renyah gurih tempe cocok dipadukan dengan nasi kuning yang pulen gurih. Orek tempa basah dipakaukan dengan cabe hijau dan merah. Sementara kering tempe, tempe dipotong lebih kecil dan digoreng kering. Kemudian diaduk dengan bumbu gula, bawang dan cabe merah. Resep Orek Tempe Cabe Hijau bisa dilihat di sini!



Simak Video "Bikin Laper: Unboxing Bakso Tumpeng di Kemang"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com