Cara Membuat Nasi Tumpeng 17 Agustus Plus Lauk-pauknya

Odilia WS - detikFood Minggu, 16 Agu 2020 10:00 WIB
nasi tumpeng Foto: istimewa

2. Ayam Ingkung

Ayam kampung jantan yang muda menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat untuk menyampaikan rasa syukur pada Tuhan. Ayam ini biasanya dimasak dengan bumbu rujak atau bumbu kuning dan dimasak utuh, tidak boleh dipotong-potong.

Selanjutnya ayam utuh ditaruh di bagian tengah tampah sebagai pusat lauk utama. Kini banyak orang menyajikan ayam dalam bentuk digoreng atau potongan. Semata-mata agar mudah dimakan dan ditata dalam rangkaian tumpeng. Untuk membuat Ayam Bumbu Rujak cek resepnya di sini!

Nasi Tumpeng 17 Agustus Plus Lauk-pauknyaNasi Tumpeng 17 Agustus Plus Lauk-pauknya Foto: iStock

3. Urap Sayuran

Semua sayuran hasil bumi atau hasil kebun dipilih yang terbaik. Seperti kangkung yang berasal dari air, tauge yang melambangkan pertumbuhan dan kacang panjang yang mewakili panjang umur. Sedangkan bayam mewakili ketenangan atau adem ayem dan kangkung sebagai simbol mudah beradaptasi.

Tidak asal diambil tetapi dipilih yang bisa menyimbolkan ucapan syukur. Kemudian sayuran dibuat kuluban atau urap yang dicampur dengan bumbu urap. Kelapa parut yang diaduk dengan bumbu cabe sehingga rasanya pedas gurih.


4. Ikan Asin Goreng

Ikan dari laut mewakili hasil laut. Di dalam tumpeng disajikan berupa ikan asin petek utuh atau jenis lain. Di beberapa daerah dipakai ikan lele goreng.

Ikan kini disajikan dalam bentuk ikan goreng tepung atau ikan goreng yang dipotong-potong atau dibumbu kuning. Ikan asin masih dipilih yang berdaging dan utuh seperti ikan jambal roti atau kakap asin.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Unboxing Bakso Tumpeng di Kemang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com