Cara Membuat Nasi Tumpeng 17 Agustus Plus Lauk-pauknya

Odilia WS - detikFood Minggu, 16 Agu 2020 10:00 WIB
nasi tumpeng Foto: istimewa
Jakarta -

Nasi tumpeng 17 Agustus yang berupa nasi kuning dan lauk-pauknya bisa dibuat sendiri. Apa saja lauk-pauk pelengkap nasi tumpeng ini?

Meskipun tak ada lomba menghias atau membuat nasi tumpeng 17 Agustus karena pandemi corona, kamu tetap bisa bikin nasi tumpeng. Pastinya untuk dinikmati bersama keluarga di hari libur.

Nasi tumpeng dalam tradisi Jawa merupakan perwujudan ucapan syukur yang disusun dari semua hasil bumi dan ladang. Karenanya dibuat bentuk kerucut yang mengarah ke atas kepada Tuhan YME. Setiap elemennya bukan sekedar lauk tetapi mewakili elemen kehidupan.

Kini nasi tumpeng kuning tetap dibuat sebagai bentuk ucapan syukur secara tradisional khususnya di pulau Jawa. Meksipun kini bentuknya tak melulu kerucut tetapi berundak atau segi empat tetapi makna 'syukur' tetap dihadirkan dalam kemasan modern.

Jika kamu ingin merangkai nasi tumpeng untuk dinikmati bersama keluarga, berikut ini elemen nasi kuning berikut 7 lauk-pauk yang bisa dihadirkan untuk melengkapi wujud syukur.

nasi kuningNasi Tumpeng 17 Agustus Plus Lauk-pauknya Foto: iStock

1. Nasi Kuning

Nasi merupakan makanan pokok yang selalu dihadirkan sebagai bahan utama tumpeng. Bisa berupa nasi putih atau nasi kuning. Beberapa daerah di Indonesia memakai nasi kuning sebagai lambang ucapan syukur. Karena warna kuning berarti kegembiraan, syukur dan harapan.

Warna kuning diperoleh dari pemakaian kunyit dalam memasak nasi kuning. Juga dipakai santan sehingga nasi kuning terasa gurih dan pulen. Bentuk nasi tumpeng berupa kerucut yang melambangkan mengarah pada Tuhan YME. Memuliakan dan mengucap syukur kepadaNya.

Kini nasi tumpeng sering dibuat seperti cake ulang tahun dengan bentuk berundak. Meskipun bentuk ini bertentangan dengan makna kebulatan tekad dan mengerucutkan kehendak pada Tuhan. Tetapi sebagai tren kuliner bisa saja dilakukan. Untuk resep Nasi Kuning bisa dilihat di sini!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kreasi Pempek Tumpeng Pelangi Olahan Buah dan Sayur "
[Gambas:Video 20detik]