Joss! 5 Makanan Ini Bikin Sperma Sehat dan Subur

Devi Setya - detikFood Minggu, 16 Agu 2020 06:00 WIB
sperma pria Foto: admin
Jakarta -

Bagi pasangan yang sedang program hamil, ada baiknya memperhatikan asupan makanan. Beberapa makanan ini bikin sperma sehat dan subur.

Bagi para pria, bukan hanya stamina saja yang penting diperhatikan tapi juga kualitas sperma. Sperma yang sehat berpotensi besar untuk membuahi sel telur yang nantinya cepat membuat pasangan hamil. Pada dasarnya, kesuburan sangat dipengaruhi oleh kualitas sperma.

Untuk membuat sperma sehat, tentu kamu harus menjaga pola makan yang juga sehat. Hindari konsumsi alkohol dan perbanyak asupan makanan yang tinggi nutrisi agar sperma sehat dan subur.

Baca juga : 5 Makanan Peningkat Gairah Seks Wanita Perlu Rutin Dikonsumsi

Dilansir dari Medical News Today (15/8) pakar kesehatan sepakat menyebut kadar testosteron signifikan memengaruhi jumlah dan kualitas sperma. Berikut beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk membuat sperma sehat.

1. Bawang putih

Peeled garlic in bowl5 Makanan Ini Bikin Sperma Sehat dan Subur Foto: iStock

Menyantap bawang putih berlebihan saat akan berkencan memang patut dihindari karena efek aromanya yang kurang sedap. Tetapi sebenarnya bawang putih mengandung zat yang baik untuk kesehatan sperma.

Kandungan allicin dalam bawang putih dapat meningkatkan aliran darah ke organ seksual pria. Bawang putih juga mampu meningkatkan pergerakan sperma.

Allicin juga dapat melindungi sperma dari kerusakan. Sementara selenium pada bawang putih juga meningkatkan mobilitas sperma. Saran konsumsi bawang putih yakni satu hingga dua siung perhari agar efeknya semakin terasa.

2. Tiram


Sudah lama tiram disebut-sebut sebagai makanan afrodisiak atau pembangkit stamina. Makanan lezat ini mengandung seng yang baik untuk meningkatkan jumlah sperma sekaligus meningkatkan kualitas sperma pria.

Tiram memang punya segudang khasiat untuk meningkatkan stamina pria tetapi harganya agak mahal dan sulit ditemui di pasaran. Namun tak perlu khawatir karena sumber seng bisa ditemui pada berbagai jenis seafood mulai dari kerang hingga lobster.

3. Pisang

minum sperma5 Makanan Ini Bikin Sperma Sehat dan Subur Foto: istimewa


Buah lezat dengan harga terjangkau ini juga punya khasiat untuk meningkatkan libido sekaligus memperbaiki kualitas sperma pria. Pisang mengandung potassium yang bisa membuat lebih fokus sekaligus membantu membuat pria lebih bergairah.

Pisang juga mengandung bromelain yang mengatur siklus hormon seks. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin C, A dan B1 yang jika dikonsumsi rutin bisa meningkatkan produksi sperma. Pisang juga mengurangi resiko masalah pencernaan yang mungkin bisa mengganggu aktivitas seksual.

Baca juga : Makan Sperma untuk Cegah Flu dan Awet Muda, Ini Faktanya

4. Dark chocolate

Dark chocolate tidak hanya bisa meningkatkan libido kaum hawa tetapi juga bisa memperbaiki stamina sekaligus kualitas sperma pria. Kamu bisa menikmati dark chocolate bersama pasangan sebelum memulai aktivitas seksual.

Di dalam cokelat sehat ini terkandung antioksidan yang tinggi. Cokelat juga mengandung senyawa yang bosa membuat bahagia. Zat fenetilamin bisa merangsang peningkatan penyerapan triptofan ke dalam otak. Triptofan tersebut bisa diolah menjadi dopamin.

Dopamin inilah yang bisa membuat Anda merasa bahagia, bergairah, dan meningkatkan konsentrasi otak. Jadi, jangan heran lagi jika setelah makan cokelat Anda menjadi lebih bahagia dan lebih produktif.


5. Brokoli dan wortel

Close up of a man with hands holding his crotch on a light blue background. Urinary incontinence. Men's health. The pain from the blow in groin.5 Makanan Ini Bikin Sperma Sehat dan Subur. Foto: istock


Salah satu faktor yang menghambat kesuburan pria adalah kurangnya vitamin A. Saat pria kekurangan vitamin A, sperma jadi bergerak lambat sehingga kurang optimal untuk pasangan yang sedang dalam program hamil.

Untuk itu sangat penting mengasup makanan yang mengandung vitamin A seperti brokoli dan wortel. Tak hanya brokoli dan wortel, vitamin A juga bisa didapat dari paprika, aprikot, bayam dan ubi. Perbanyak makan asupan vitamin A agar sperma sehat, subur dan berkualitas.



Simak Video "Bikin Laper: Ikan Bawal Sambal Dabu-dabu dalam Lumpang Batu"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com