Jajanan Ndeso Ngangeni

5 Fakta Kue Lupis, Jajan Pasar yang Kenyal Legit

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 11 Agu 2020 10:30 WIB
Fakta Kue Lupis Foto: iStock & instagram
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni

3. Kue Lupis Legendaris Mbah Satinem

Lee Seung Gi dan Jasper Liu Jajan Lupis Mbah Satinem Saat ke JogjaLee Seung Gi dan Jasper Liu Jajan Lupis Mbah Satinem Saat ke Jogja Foto: Instagram @kdramakorean_indo

Menyoal lupis ada salah satu penjualnya yang sangat legendaris di Yogyakarta. Namanya Lupis Mbah Satinem yang kelezatannya sudah terkenal. Bahkan Mbah Satinem ini pernah diliput khusus oleh Netflix.

Mbah Satinem menjajakan lupisnya di depan sebuah optik yang berdekatan dengan Hotel Pesona Tugu. Lokasinya ada di Jalan Bumijo No.52, Jetis, Yogyakarta. Setiap harinya Mbah Satinem berjualan mulai pukul 6 pagi.

Lupis Mbah Satinem ini memang ditawarkan untuk menu sarapan. Uniknya, Mbah Satinem memotong lupisnya menggunakan benang. Hasilnya potongannya lebih mulus dan sama tebal. Tak hanya lupis, ada juga tiwul, gatot, cenil, dan lainnya.

Baca Juga: Syuting di Yogyakarta, Artis Korea Lee Seung Gi Jajan Lupis Mbah Satinem

4. Kue Lupis Pandan

Fakta Kue LupisFakta Kue Lupis Foto: iStock

Kue lupis pandan agak berbeda dari kue lupis pada umumnya. Karena warnanya lebih hijau dan aromanya juga lebih harum. Namun tekstur kenyal dan rasanya tetap sama.

Kini penjual lupis pandan banyak yang menawarkannya secara online. Seperti Lupis Oma yang lokasinya ada di Cinere, Depok. Lupis yang ditawarkan berbentuk segitiga.

Disajikan dalam kotak makanan cukup tebal, diberikan juga parutan kelapa dan saus gula merahnya. Kue lupis ini dibanderol harga Rp 50.000 per kotaknya.

5. Kue Lupis Kekinian

Fakta Kue LupisFakta Kue Lupis Foto: iStock & instagram @lupistoping

Jika lupis varian tradisional disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah saja, lupis juga ada varian yang kekinian. Taburan kelapa dan gula merah digantikan dengan topping keju.

Selain keju, ada juga topping biskuit Oreo dan siraman susu kental manis. Varian satu ini pasti digemari oleh anak kecil. Ada juga penjual yang menawarkannya dengan taburan bubuk Milo.

Kalau penasaran dengan rasanya, kamu bisa pesan di akun Instagram @lupistoping. Penjual lainnya ada di akun Instagram @rumah.lupis. Bahkan mereka menawarkan topping selai kaya dan taburan bubuk matcha.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(yms/adr)
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com