Jajanan Ndeso Ngangeni

5 Fakta Kue Lupis, Jajan Pasar yang Kenyal Legit

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 11 Agu 2020 10:30 WIB
Fakta Kue Lupis Foto: iStock & instagram
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
Jakarta -

Jajan pasar satu ini banyak penggemarnya. Berbahan beras ketan dan rasanya kenyal legit. Ini 5 fakta kue lupis yang masih eksis dan selalu ngangeni.

Kue lupis merupakan jajanan pasar yang terbuat dari beras ketan. Cara membuatnya beras ketan dibungkus daun pisang lalu direbus. Bentuknya ada yang segitiga atau lonjong.

Biasanya kue lupis ini berwarna putih kehijauan. Tapi ada juga yang seluruhnya berwarna hijau karena menggunakan campuran daun pandan.

Disajikan dengan taburan kelapa parut dan cairan gula merah. Rasanya manis gurih dan teksturnya legit. Kue lupis banyak ditawarkan di pasar tradisional bersama klepon, jenang, tiwul, dan jajanan lainnya.

Tapi kini tak hanya dijual di pasar tradisional, kue lupis juga banyak dijual secara online. Ada yang variasi original, pandan, hingga kekinian dengan taburan keju, oreo, dan lainnya.

Berikut 5 fakta kue lupis yang manis legit.

Baca Juga: 5 Tempat Beli Es Cendol Botolan yang Manis Segar

1. Asal-usul Kue Lupis

Fakta Kue LupisFakta Kue Lupis Foto: iStock

Konon kue lupis sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Kue inipun sangat populer sebagai jajanan khas Jawa Tengah. Tapi juga populer di banyak kota lain seperti Jakarta, Padang, dan lainnya.

Di Jawa, kue lupis banyak ditawarkan sebagai jajanan pasar. Biasanya disandingkan dengan jajanan pasar lainnya, seperti cenil, klepon, dan tiwul. Bentuknya cenderung lebih ke lonjong.

Kue lupis juga sangat populer di Padang, biasanya ditawarkan dalam bentuk segitiga. Banyak ditawarkan bersama ketupat Padang sebagai menu sarapan. Tapi penyajiannya tetap sama menggunakan kelapa parut dan saus gula merah.

2. Cara Membuat Kue Lupis

Fakta Kue LupisFakta Kue Lupis Foto: iStock

Bahan dasar untuk membuat kue lupis adalah beras ketan. Ada juga gula merah dan kelapa parut untuk penyajiannya. Daun pisang juga harus kamu siapkan untuk membungkus lupis.

Pertama-tama rendam beras ketan selama 1 hari. Kemudian tiriskan, lalu campur dengan air kapur sirih dan garam. Jika sudah diaduk sampai rata kemudian bungkus sesuai selera.

Rebus kue lupis dalam air mendidih selama 1 jam sampai mengeras mirip dengan lontong. Lalu sajikan dengan parutan kelapa dan saus gula merah.

Selanjutnya
Halaman
1 2
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni