Jajanan Ndeso Ngangeni

Dadar Jiwo hingga Lopek Bugi, 5 Jajanan Kampung Sumatera

Sonia Basoni - detikFood Senin, 10 Agu 2020 15:00 WIB
Jajanan Kampung khas Sumatra Foto: detikvisual
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
Jakarta -

Ada banyak jajanan tradisional di Sumatera. Setiap kota memiliki ciri khasnya sendiri, seperti dadar jiwo hingga lopek bugi yang enak.

Tak hanya di Pulau Jawa saja, Sumatera pun menyimpan banyak jajanan ndeso yang enak dan beragam. Mulai dari yang manis hingga yang gurih semuanya ada. Seperti di pulau Jawa, jajanan Sumatera juga diolah secara tradisional dan rasanya masih autentik.

Seperti es serbat kweni contohnya. Jajanan yang satu ini sangat populer di Lampung, ciri khasnya menggunakan mangga dan selasih. Sementara di Padang ada dodol enak namanya gulamai yang terbuat dari pulut dan ketan.

Berikut lima jajanan ndeso dari Sumatra yang wajib dicoba.

Baca Juga: Di Kudus Ada Pecel Pakis Khas Colo yang Gurihnya Mantap

1. Lopek Bugi

Jajanan Kampung khas SumatraJajanan Kampung khas Sumatra Foto: I

Lopek bugi merupakan salah satu jajanan ndeso khas Kampar, Riau yang digemari hingga sekarang. Jajanan yang satu ini awalnya identik sebagai hidangan para bangsawan.

Kini lopek bugi bisa dinikmati semua kalangan. Lopek sendiri memiliki artian lepat, dan bugi adalah ketan. Sejak dulu lopek bugi selalu menjadi hidangan wajib pada acara kebudayaan hingga perayaan spesial lainnya.

Bahan dasar untuk membuat lopek bugi adalah beras ketan yang ditumbuk hingga halus menggunakan lesung. Setelah itu ketan dibungkus menggunakan daun pisang. Warnanya ada dua, yaitu hitam dan putih sesuai beras ketan yang digunakan.


2. Galamai

Jajanan Kampung khas SumatraJajanan Kampung khas Sumatra Foto: Instagram

Jenis dodol ada banyak ragamnya. Mulai dari dodol garut hingga jenang. Tak hanya eksis di Pulau Jawa, Sumatra pun punya dodol tradisional yang tak kalah enak. Namanya galamai, dodol khas Payakumbuh yang populer di Padang.

Galamai ini bentuknya sama seperti dodol. Bahan-bahan yang digunakan ada tepung beras ketan atau pulut. Kemudian dicampur dengan tambahan gula aren dan santan. Semua bahan-bahan ini dimasak dalam satu kuali besar hingga teksturnya mengental dan warnanya berubah menjadi kecokelatan.

Ciri khas yang membedakan galamai dengan dodol lain terletak pada taburan kacang tanah yang disangrai. Kacang tanah ini memberikan tambahan rasa yang gurih dan tekstur renyah crunchy di dalam setiap gigitan galamai.


3. Es Serbat Kweni

Jajanan Kampung khas SumatraJajanan Kampung khas Sumatra Foto: iStock

Di Lampung ada jajanan ndeso yang populer karena rasanya yang asam manis segar. Namanya es serbat kweni, tampilannya mirip seperti jus mangga pada umumnya. Namun untuk rasanya jauh berbeda karena es ini memiliki ciri khas sendiri.

Es ini menggunakan buah kweni yang sejenis dengan mangga. Buah ini memiliki aroma yang cukup harum dengan rasa manis dan asam yang menggelitik. Potongan buah kweni ini kemudian dicampur dengan biji selasih, air, dan tambahan gula.

Ada juga racikan es serbat kweni yang menggunakan tambahan gula aren dan jahe agar rasanya lebih nendang. Biasanya serbat kweni disajikan dengan es batu dan cocok untuk jadi pelepas dahaga di siang hari.


4. Kacang Sihobuk

Jajanan Kampung khas SumatraJajanan Kampung khas Sumatra Foto: Hitabatak

Sumatera Utara punya banyak jajanan ndeso yang khas. Salah satunya yang masih populer hingga sekarang ada kacang Sihobuk. Kacang ini merupakan jajanan atau camilan khas Batak, yang berasal dari desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara.

Kacang ini pertama kali muncul di tahun 1982 setelah bencana longsor. Untuk mengenang bencana ini banyak warga di sana memasak kacang dengan cara disangrao yang dinamai Sihobuk.

Sebelum disantap kacang ini lebih dulu direndam air selama 3-5 jam lalu dijemur. Setelah itu kacang disangrai dengan pasir menggunakan api dari kayu bakar hingga matang. Rasanya gurih dan tekstur kacangnya empuk.

5. Dadar Jiwo

Jajanan Kampung khas SumatraJajanan Kampung khas Sumatra Foto: Twitter @kemenpar

Tak hanya pempeknya saja yang terkenal, Palembang ini gudangnya makanan tradisional yang enak. Salah satunya ada jajanan ndeso bernama dadar jiwo. Tampilannya mirip seperti risol yang belum digoreng namun lebih meriah.

Jajanan ini dibuat menggunakan telur dadar yang diisi dengan tumisan pepaya muda. Kemudian bagian atasnya ditambahkan topping seperti bawang goreng, potongan cabe hingga suwiran abon agar rasanya semakin enak.

Ketika digigit teksturnya begitu lembut, dengan rasa pepaya muda yang ditumis dengan santan dan rasanya gurih bikin nagih. Selain dadar jiwo, Palembang juga punya celimpungan hingga model yang tak kalah enak.

Baca Juga: Genjer hingga Krokot, Sayuran Ndeso yang Bikin Kangen Kampung

(sob/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com