Jajanan Ndeso Ngangeni

Genjer hingga Krokot, Sayuran Ndeso yang Bikin Kangen Kampung

Devi Setya - detikFood Sabtu, 08 Agu 2020 07:00 WIB
sayur ndeso Foto: iStock
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
Jakarta -

Ada beberapa jenis sayuran yang sulit dijumpai di kota besar. Sebut saja misalnya sayur genjer hingga sayur krokot yang rasanya sederhana tapi bikin kangen kampung halaman.

Di Jakarta dan kota besar lainnya, ada banyak jenis sayuran yang biasa diolah jadi lauk. Sayuran seperti kangkung, bayam dan kacang panjang akan sangat mudah dijumpai di pasar atau rumah makan.

Tapi beda cerita jika mencari aneka sayuran ndeso di Jakarta. Sudah sangat sulit menjumpai sayuran ndeso yang ngangeni seperti tumis genjer, sayur krekot hingga sayur kulit singkong yang di kampung-kampung justru jadi primadona.

Aneka sayur ini punya rasa sederhana, bumbu serta teknik masaknya pun tak sulit namun sensasi menyantap sayur ndeso ini yang selalu dinanti. Saking sulitnya ditemui, sayuran ndeso ini bahkan tak dikenal oleh anak-anak millenial.

Baca juga : Jarang Dimasak, Padahal 9 Jenis Sayuran Lokal Ini Enak dan Bergizi Tinggi

Apa saja sayuran ndeso yang bikin kangen? Berikut detikFood rangkum dari berbagai sumber.

1. Genjer

Genjer-genjer di BanyuwangiGenjer-genjer di Banyuwangi Foto: Putri Akmal/detikcom


Tanaman ini banyak tumbuh di rawa berair seperti sawah atau danau dangkal. Di kota besar sudah sangat sulit menemukan genjer. Padahal sayuran ini enak diolah jadi masakan, terutama ditumis dengan tambaahan bumbu tauco.

Mirip seperti eceng gondok, genjer punya tekstur lembut saat sudah layu. Saat mentah, batang genjer terbilang agak keras dan bagian ujung terdapat kuncup bunga. Bukan hanya enak, genjer juga megandung banyak nutrisi.

Dalam genjer terkandung serat tinggi, protein, kalsium, fosfor hingga zat besi. Harga genjer di pasaran juga terbilang murah namun kini agak sulit menemukan genjer, baik di pasar maupun di warung makan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni