5 Minuman Tradisional Unik Ini Masuk Nominasi API Awards

Devi Setya - detikFood Rabu, 05 Agu 2020 14:00 WIB
minuman tradisional enak Foto: istimewa
Jakarta -

Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards kembali digelar untuk tahun kelima. Kali ini ada kategori minuman tradisional yang unik dari berbagai daerah di Indonesia.

API Awards ini digelar untuk mencari destinasi wisata dan budaya populer pilihan netizen. Salah satu nominasinya adalah kategori minuman tradisional. Di sini ada beberapa minuman khas yang dijagokan untuk nantinya bisa dipilih secara bebas oleh netizen.

Beberapa minuman ini sudah familiar bagi masyarakat Indonesia, tapi beberapa lainnya justru sama sekali belum pernah eksis. Sebut saja misalnya air kembang semangkok asal Kabupaten Anambas, air mata bejando asal Kabupaten Pelalawan, kopi semendo dari Muara Enim hingga sirup henggi dari Kabupaten Fakfak.

Baca juga : Ini 6 Minuman Tradisional Bali yang Unik dan Bikin Segar!

Keunikan aneka minuman ini bisa dilihat dari bahan bakunya yang tak lain berasal dari tanaman khas yang banyak tumbuh di daerah ini. Apa saja minuman tradisional yang unik ini?

1. Air kembang semangkok

minuman tradisional enakminuman tradisional enak Foto: istimewa


Minuman dengan nama unik ini berasal dari Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Air kembang semangkok adalah minuman khas yang bisa disajikan panas maupun dingin. Selain enak, minuman ini juga kaya khasiat.

Kembang semangkok adalah sebutan masyarakat Anambas untuk buah dari pohon scaphium. Jenis pohon ini banyak tumbuh di asia tenggara mulai dari Kamboja, Thailand dan Indonesia. Pohon besar ini dengan mudah ditemui di Sumatera dan Kalimantan.

Dari pohon ini dihasilkan buah yang banyak diolah jadi minuman. Buahnya berbentuk biji bersalut kulit yang punya rasa masam. Buah ini juga menghasilkan tekstur jelly yang kenyal dan enak. Selain jadi minuman khas, air kembang semangkok juga biasa dijadikan obat peredaa demam, sariawan, panas dalam dan gejala flu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Segarnya Es Lontrong Khas Jawa Tengah"
[Gambas:Video 20detik]