Citarasa Eksotik Bali

Ini 6 Minuman Tradisional Bali yang Unik dan Bikin Segar!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 14 Mar 2018 16:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Citarasa Eksotik Bali
Jakarta - Main ke Bali jangan lupa cicip minumannya yang khas. Ada es daluman yang mirip es cincau hingga kopi Bali untuk para penikmat kopi.

Bukan hanya kulinernya yang eksotik, minuman di Bali juga tak kalah unik. Loloh cemcem, misalnya, mirip paduan jus dan jamu. Ada juga minuman berikut yang dirangkum detikFood (14/3) dari berbagai sumber.

Baca Juga: Makin Akrab! Begini Tradisi Megibung, Makan Bersama Khas Karangasem

1. Tambring

Ini 6 Minuman Tradisional Bali yang Unik dan Bikin Segar!Foto: resepdanmasakan

Tambring adalah minuman segar berbahan kelapa muda. Serutan kelapa dicampur asam Jawa dan gula merah hingga menghasilkan paduan rasa gurih dan manis. Uniknya, tambring juga ditambahkan putih telur. Tambring paling enak diminum saat cuaca terik karena sifatnya yang menyegarkan.

2. Es daluman

Ini 6 Minuman Tradisional Bali yang Unik dan Bikin Segar!Foto: HalHalal

Bali punya minuman mirip es cincau bernama es daluman. Bahan utamanya adalah daun daluman yang berkhasiat. Untuk kuah santannya berbeda dengan es cincau. Es daluman menggunakan santan dari kelapa bakar sehingga terasa jejak gosong harum yang enak. Sementara pemanisnya adalah gula aren yang legit dan mantap.

3. Loloh cemcem

Ini 6 Minuman Tradisional Bali yang Unik dan Bikin Segar!Foto: dok. detikFood

Dalam bahasa Bali, loloh berarti jamu. Minuman ini bermanfaat bagi kesehatan karena dibuat dengan banyak rempah. Paduan rasanya asam, manis, asin dan pahit. Loloh cemcem kabarnya diracik dari daun cemcem, tamarin, gula dan garam. Warnanya hijau mirip jus sayuran, minuman ini banyak dijajakan dalam kemasan botol.

4. Es bir

Ini 6 Minuman Tradisional Bali yang Unik dan Bikin Segar!Foto: Bali Indonesia Budaya

Meski namanya bir, minuman ini tidak mengandung alkohol. Es bir dibuat dari campuran kelapa muda dan perasan jeruk nipis. Rasanya yang manis, asam dan segar membuat es bir paling enak diminum saat siang hari untuk menangkal cuaca terik.

5. Brem

Ini 6 Minuman Tradisional Bali yang Unik dan Bikin Segar!Foto: KSMTour

Brem adalah minuman khas Bali yang dibuat dari fermentasi tape. Rasanya asam dan mengandung sedikit alkohol. Dulunya brem hanya disajikan saat upacara adat atau keagamaan. Tapi kini brem dijual bebas di sana dengan harga lumayan terjangkau.

6. Kopi Bali

Ini 6 Minuman Tradisional Bali yang Unik dan Bikin Segar!Foto: Oleholeh Pulau Bali

Pencinta kopi bisa mencicip kopi Bali saat menyambangi pulau Dewata. Karakteristik kopi ini unik karena memiliki aroma smoky yang khas. Ini karena kopi dioleh dengan teknik tradisional menggunakan kayu bakar. Kopi Bali populer dijadikan oleh-oleh karena dijual dalam kemasan praktis dan menarik.

Baca Juga: Ini 5 Lauk yang Jadi Lauk Wajib Dalam Racikan Nasi Campur (adr/odi)
FOKUS BERITA Citarasa Eksotik Bali