Reaksi Tubuh Usai Minum Kopi, Jantung Berdetak hingga Sering Buang Air Kecil

Devi Setya - detikFood Rabu, 05 Agu 2020 06:00 WIB
minum kopi Foto: iStock

4. Setelah 3 jam

Manfaat sisa seduhan kopiManfaat sisa seduhan kopi Foto: iStock

Setelah 3 jam usai menikmati kopi, tubuh tidak lagi bersemangat seperti sebelumnya. Energi tubuh akan kembali normal atau justru menurun seiring kandungan kafein yang terus nmenurun dalam tubuh.

Dilansir dari Healthline (4/8) secara alami kafein memang mendongkrak energi tubuh dengan cepat namun setelahnya justru akan membuat tubuh lemas. Kendati demikian, efek pada tingkat fokus masih tetap terjaga. Mata dan otak masih aktif bereaksi, tak heran kalau banyak orang mengalami susah tidur usai minum kopi.

Baca juga : Kandungan Seng Pada Cokelat, Kopi dan Teh Terbukti Bikin Awet Muda

5. Setelah 6 jam

Alasan kopi bikin mulasAlasan kopi bikin mulas Foto: iStock


Kafein dalam kopi memiliki efek diuretik. Zat dalam kopi ini menyebabkan tubuh memproduksi urin lebih banyak sehingga membuat peminum kopi kerap merasa ingin buang air kecil setelah beberapa jam usai minum kopi.

Lewat urin ini, kafein yang akan ikut terbuang bersama racun dalam tubuh. Usahakan untuk minum air yang cukup setelah konsumsi kopi karena kopi juga membuat tubuh dehidrasi.

Kopi memiliki sifat asam sehingga mulut kerap mengering seolah dehidrasi. Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika mencatat kandungan kafein dalam kopi yang membuat orang sering buang air kecil menjadikan penyebab dehidrasi ini. Jadi konsumsi lebih banyak air mineral usai minum segelas kopi.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com