Reaksi Tubuh Usai Minum Kopi, Jantung Berdetak hingga Sering Buang Air Kecil

Devi Setya - detikFood Rabu, 05 Agu 2020 06:00 WIB
minum kopi Foto: iStock

2. Setelah 40 menit

Minum kopiMinum kopi Foto: Getty Images/Dzonsli


Setelah lewat 30 menit menikmati kopi, badan terasa ingin memacu adrenalin. Di sini tubuh akan terasa sangat berenergi dan siap melakukan berbagai aktivitas serta pekerjaan fisik.

Pada menit ini juga kopi merangsang serotonin dalam tubuh. Jadi jangan heran kalau kamu merasa tenang dan bahagia usai menikmati secangkir kopi. Beberapa penelitian juga mengungkap kalau minum kopi dalam porsi cukup akan membantu orang terlihat awet muda.

3. Setelah 1 jam


Kopi membuat seseorang jadi lebih fokus karena rasa kantuk hilang seketika. Kopi menyebabkan efek anxiety yang meningkatkan kewaspadaan. Jadi tak heran kalau kopi juga diandalkan sebagai supplemen bagi orang-orang yang butuh tingkat fokus tinggi.

Minum kopi juga bisa meredakan stress dan menenangkan pikiran. Tapi jangan berlebihan saat minum kopi. FDA merekomendasikan, orang dewasa dalam keadaan sehat maksimal bisa mengonsumsi asupan kafein hingga 400 miligram.

Dalam sehari setidaknya satu orang bisa menikmati 4-5 cangkir kopi. Lebih dari ini, kopi justru akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Khusus untuk ibu hamil, konsumsi maksimal kopi hanyalah 200 miligram yakni tak lebih dari 2 cangkir kopi dalam sehari.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com