Takut Virus Corona, Pria Ini Bersihkan Sayuran dengan Uap Panci Presto

Riska Fitria - detikFood Minggu, 02 Agu 2020 06:00 WIB
Cara membersihkan sayuran Foto: Twitter @supriyasahuias
Jakarta -

Untuk memastikan bahan masakannya tidak terpapar virus corona, seorang pria membersihkan sayuran dengan uap dari panci presto.

Mewabahnya virus corona membuat semua masyarakat semakin sadar akan kesehatan dan kebersihan. Bahkan World Health Organization (WHO) telah mengeluarkan protokol kesehatan untuk diterapkan saat melakukan segala aktivitas.

Yang terpenting adalah menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan, diri, barang pribadi, hingga kebersihan makanan. Pastikan untuk mencuci bahan makanan sebelum diolah menjadi masakan.

Cara membersihkan sayuranCara membersihkan sayuran Foto: Twitter @supriyasahuias

Baca Juga : Takut Virus Corona, Ibu Ini Rendam Bahan Makanan pakai Air Sabun di Bak Mandi

Mencuci bahan masakan bisa menggunakan air bersih saja, tetapi pria yang satu ini punya cara yang berbeda. Ia memilih untuk membersihkan bahan masakannya dengan uap dari panci presto. Aksinya direkam video dan menjadi viral setelah diunggah oleh pengguna Twitter @supriyasahuias (24/07).

"Lihatlah life hacks untuk mensterilkan sayuran ini. Metode seperti ini tidak dapat disertifikasi, tapi India tidak pernah gagal memukau. India memang luar biasa," tulisnya dalam cuitan.

Dalam video itu tampak seorang pria yang telah menyiapkan berbagai jenis sayuran, seperti daun bawang, pare, labu dan tomat. Pria itu tampak mengeluarkan uap menggunakan pipa karet berwarna hijau yang dihubungkan ke nozzle pressure cooker atau panci presto.

Cara membersihkan sayuranCara membersihkan sayuran Foto: Twitter @supriyasahuias

Dari lubang itu akan keluar uap yang kemudian diarahkan melalui pipa ke sayur-sayuran. Pria itu menyebut caranya itu untuk membuat sayuran higienis dan siap untuk dikonsumsi.

Video itu lantas ditanggapi oleh netizen. Banyak dari netizen yang saling memperingatkan untuk tidak mengikuti cara tersebut karena berbahaya. Uap yang keluar dari panci presto bisa melukai tubuh manusia.

"Aku tidak yakin dengan cara membersihkan sayuran ini, tapi ini sangat berbahaya," tulis netizen.

"Dengan merebus dan memasaknya dengan benar saya pikir segala virus dan bakteri akan mati," tulis netizen lainnya.

Cara membersihkan sayuranCara membersihkan sayuran Foto: Twitter @supriyasahuias

Membersihkan sayuran dengan cara aneh ini bukan pertama kali saja dilakukan. Sebelumnya ada juga seorang ibu yang memilih untuk merendam bahan makanan, termasuk sayuran, buah hingga es krim ke dalam air yang dicampur sabun.

Cara seperti ini tentu saja berbahaya, karena partikel dalam sabun bisa masuk ke dalam bahan masakan dan membahayakan tubuh jika dikonsumsi. Cara terbaik adalah cukup membersihkan menggunakan air bersih yang mengalir.

Baca Juga : Cegah Virus Corona, Cuci Sayuran dan Buah dengan Cara Ini



Simak Video "Tips Memilih dan Menyimpan Bahan Makanan Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)