Takut Virus Corona, Ibu Ini Rendam Bahan Makanan pakai Air Sabun di Bak Mandi

Riska Fitria - detikFood Rabu, 01 Apr 2020 11:00 WIB
Rendam Makanan Foto: Istimewa
Jakarta -

Kepanikan seorang ibu akan virus corona, membuat dirinya merendam semua bahan makanan dalam bak mandi berisikan air sabun.

Mencuci tangan dengan sabun memang salah satu cara yang dapat mencegah virus corona. Cara itu juga disarankan oleh banyak pihak, seperti organisasi kesehatan atau ahli kesehatan.

Namun, bukan berarti bahwa air dan sabun dapat digunakan untuk membersihkan bahan makanan seperti yang dilakukan oleh seorang ibu ini. Dengan niat ingin menghilangkan virus corona, ia justru merendam semua bahan makanannya ke dalam bak mandi berisikan air sabun yang biasa digunakan untuk mandi.

Takut Virus Corona, Ibu Ini Rendam Bahan Makanan pakai Air Sabun di Bak MandiFoto: Istimewa

Kelakuan ibu itu diceritakan oleh anaknya sendiri, Evie Lancaster melalui unggahan di twitter @EvieLancaster. Dalam unggahannya pada (28/03) ia memperlihatkan bahan makanan seperti kembang kol, brokoli, tomat, es krim dan makanan lainnya yang direndam dengan air sabun.

Baca Juga : Amankah Mencuci Sayur dan Buah Pakai Sabun untuk Cegah Virus Corona?

Bahkan beberapa dari bahan makanan tersebut ada yang tidak dikemas menggunakan plastik sama sekali. Meskipun ada juga yang dikemas, tetapi ide untuk merendam menggunakan air dan sabun sangat membahayakan.

Seorang Profesor dan Spesialis Keamanan Makanan di North Carolina State University, Benjamin Chapman mengatakan bahwa partikel dalam sabun jika masuk ke dalam perut akan mengakibatkan keracunan.

Karenanya ia menyarankan untuk membersihkan bahan makanan cukup dengan menggunakan air dingin. Cara itu akan menghilangkan segala kemungkinanan kotoran atau bakteri yang menempel hingga 90-99%.

Takut Virus Corona, Ibu Ini Rendam Bahan Makanan pakai Air Sabun di Bak MandiFoto: Istimewa

Kelakuan ibu itu langsung menjadi viral dan juga menuai komentar. Banyak dari netizen yang mengatakan bahwa cara si ibu merendam makanan menggunakan air sabun bukan membersihkan malah justru menimbulkan masalah kesehatan.

"Luar biasa, siapa yang suka kembang kol rasa sabun?," tulis seorang netizen.

"Anda tahu menelan sabun bisa membuat anda sakit?," tulis netizen lainnya.

Takut Virus Corona, Ibu Ini Rendam Bahan Makanan pakai Air Sabun di Bak MandiFoto: Istimewa

Sementara itu ternyata cara membersihkan makanan menggunakan air sabun bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya juga viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan cara yang sama ketika membersihkan makanan.

Mereka membersihkan kemasan snack dengan sabun, layaknya orang ketika mencuci piring. Snack yang sudah dicuci dengan sabun itu kemudian ditaruh dalam wastafel untuk dibilas dengan air.

Video itu juga menjadi viral setelah diunggah oleh akun instagram @makassar_iinfo. Banyak netizen yang menganggap cara tersebut sebagai lelucon.

"Itu kalo sabunnya masuk ke dalam cikinya gimana tuh?," komen netizen.

Baca Juga : Hati-hati! Mencuci 5 Bahan Makanan Ini Justru Mengundang Bakteri



Simak Video "Kangen dengan Pecel Sayur di Pasar Baru?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)