Anak-anak di India Diberi Minum Alkohol Untuk Cegah Corona

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 24 Jul 2020 17:30 WIB
Anak-anak di India Diberi Minum Alkohol Foto: India Today
Jakarta -

Banyak warga desa di Odisha, India percaya bahwa minuman beralkohol bisa menangkal virus Corona. Sehingga banyak anak kecil yang diberi minum alkohol.

Lebih dari 50 anak-anak yang berusia 10-12 tahun diberi minum palapa. Palapa merupakan minuman beralkohol lokal yang ada di desa Odisha, Distrik Malangiri di India. Tujuan pemberian minuman alkohol ini untuk mencegah anak-anak terserang virus Corona.

Baca Juga: Catat! Minum Alkohol Tidak Bisa Melindungi Diri dari Virus Corona

Anak-anak di India Diberi Minum AlkoholAnak-anak di India Diberi Minum Alkohol Foto: India Today

Dilansir dari India Today (24/07), banyak warga desa yang percaya bahwa konsumsi minuman beralkohol dapat mencegah anak-anak dari virus Corona. Mereka berpikir bahwa kandungan alkohol dalam minuman tersebut bisa membasmi virus Corona dari dalam tubuh.

Lewat video yang viral, terlihat beberapa anak tengah diberi minuman beralkohol. Tentu saja hal ini mengundang banyak kritik dari netizen yang khawatir melihat praktik ini.

Di dalam video tersebut tidak ada satu pun orang yang mengenakan masker atau melakukan social distancing. Padahal banyak ahli kesehatan yang menegaskan bahwa mengonsumsi minuman beralkohol tidak membantu tubuh mengatasi infeksi yang disebabkan virus Corona.

Anak-anak di India Diberi Minum AlkoholAnak-anak di India Diberi Minum Alkohol Foto: India Today

Sementara menurut Dokter Arijit Mahopatra selaku dokter anak terkenal di India, ia menyebutkan bahwa sangat aneh untuk mempercayai konsumsi minuman beralkohol dapat mencegah atau menyembuhkan virus Corona.

"Minum alkohol tidak bisa menyembuhkan virus Corona. Karena virus ini masuk bukan dari saluran pencernaan, melainkan masuk lewat mata, hidung dan mulut," jelas Dokter Arijit.

Ia juga menegaskan bahwa memberi minum alkohol kepada anak-anak merupakan tindakan yang melanggar hukum. Sekali lagi ia menegaskan bahwa minuman beralkohol tidak bisa melindungi atau menyembuhkan orang dari virus Corona.

Sementara perwakilan pemerintah distrik Malkangiri, Manish Agarwal menjelaskan bahwa mereka tengah melakukan penyelidikan atas video ini.

Anak-anak di India Diberi Minum AlkoholAnak-anak di India Diberi Minum Alkohol Foto: India Today

"Penyelidikan awal mengatakan bahwa video ini bukan diambil baru-baru ini. Tapi kami tengah menunggu laporan yang lebih detail dari pengawas yang menyelidikinya," pungkas Agarwal.

Metode serupa juga diterapkan oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster yang baru-baru ini mengklaim bahwa arak Bali efektif untuk mengobati pasien virus Corona tanpa gejala di Bali.

Sebelumnya banyak juga orang-orang yang kehabisan hand sanitizer dan memilih cuci tangan menggunakan vodka. Vodka dianggap mengandung alkohol tinggi yang bisa membasmi kuman dari tangan.

Baca Juga: Kehabisan Hand Sanitizer, Orang-orang Cuci Tangan Pakai Vodka



Simak Video "Mencoba Thai Tea Kekinian, Murah dan Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)