5 Tips Membuat Orek Tempe Kecap yang Sedap

Odilia WS - detikFood Senin, 20 Jul 2020 10:00 WIB
cara bikin orek tempe Foto: detikfood
Jakarta -

Memasak orek tempe yang sederhana ini juga ada triknya. Bahannya murah, caranya mudah, ikuti tips membuat orek tempe kecap yang sedap ini.

Tempe kini jadi idola para pelaku hidup sehat dan vegan. Karena tempe sudah terbukti memiliki kandungan nutrisi yang prima. Sumber protein nabati yang menyehatkan ini juga kaya akan mineral dan vitamin.

Selain digoreng biasa atau digoreng tepung, tempe juga enak dibuat tumisan atau orek tempe kecap. Paduan kedelai yang difermentasi dengan kecap manis yang juga produk fermentasi kedelai memberi rasa gurih manis yang sedap.

Tak sekedar mencampur bumbu dengan tempe saja, meskipun terlihat gampang ada trik membuat orek tempe kecap yang sedap. Dari pemilihan tempe hingga menumis bumbunya. Jika diolah dengan benar selain enak juga bisa tahan disimpan beberapa hari.

Berikut ini 5 tips membuat orek tempe kecap yang sedap.

cara bikin orek tempeTips membuat orek tempe yang sedap. Foto: detikfood


1. Tempe berkualitas bagus

Rahasia kelezatan olahan tempe sederhana ini terletak pada kualitas tempe. Pilih tempe yang bagus, padat dengan biji kedelai yang rapat dan jamur yang merata di seluruh permukaannya.

Jika tempe kurang bagus saat digoreng atau diaduk biji kedelai akan terlepas dan tampilan orek jadi hancur. Selain itu tempe yang kurang bagus rasa dan aromanya akan sedikit asam.

Bisa memakai tempe bungkus daun pisang yang berbentuk balok. Atau yang berbungkus plastik. Perhatian kondisi tempe saat dibeli, jika jamur yang putih belum menutupi seluruh permukaan tempe berarti belum maksimal fermentasinya. Biarkan beberapa jam di suhu ruangan sebelum diolah hingga tempe jadi pedat.

2. Tumis bumbu hingga matang

Bumbu orek tempe terdiri dari bawang merah dan bawang putih serta cabe. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan minyak secukupnya hingga benar-benar layu dan harum agar rasa dan aromanya tidak langu. Demikian juga dengan lengkuas dan daun salam yang ditambahkan, tumis hingga harum.

Setelah diaduk rata dengan tempe, kecilkan api dan biarkan beberapa saat agar aroma dan rasa bawang meresap ke dalam tempe sebelum ditambahkan bumbu lainnya seperti cabe, merica bubuk dan garam.

Saat menumis jangan terlalu banyak memakai minyak agar orek tidak menjadi terlalu berminyak. Perkirakan jumlah minyaknya sesuai dengan jumlah bumbunya dan cukup untuk mematangkan bumbu.

cara bikin orek tempeTips membuat orek tempe kecap yang sedap. Foto: detikfood

3. Kecap yang enak

Ada beberapa orang yang menambahkan banyak kecap manis saat membuat orek tempe sehingga warnanya kehitaman dengan rasa manis yang kuat. Ada juga yang menambahkan gula Jawa atau gula pasir.

Yang penting pilih kecap manis berkualitas, tidak terlalu kental dengan rasa kedelai yang enak. Kecap manis sudah cukup manis rasanya, jadi sebenarnya tak perlu ditambahkan gula lagi. Jika ditambahkan gula sebaiknya kurangi takaran kecap manisnya agar rasanya tidak dominan manis.

cara bikin orek tempeTips membuat orek tempe kecap yang sedap. Foto: detikfood

4. Masak hingga meresap bumbunya

Orek tempe kecap yang enak rasa manis dan gurihnya seimbang dengan semburat pedas yang pas dari cabe. Jika terlalu manis rasanya tidak enak lagi. Makanya setelah tempe diaduk dengan bawang merah, bawang putih dan cabe, tambahkan sedikit air.

Akan lebih enak jika ditambahkan air dan kaldu ayam bubuk atau kaldu jamur. Jika ada lebih enak lagi jika ditambahkan kaldu sapi atau kaldu ayam. Rasa alami kaldu akan membuat orek tempe makin sedap.

Untuk membuat Orek Tempe Kecap yang sedap, ikuti resep berikut ini.

5. Resep orek tempe kecap

Bahan:
1 potong besar (300 g) tempe yang bagus kualitasnya
minyak goreng
3 sdm minyak sayur
5 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
2 buah cabe merah, iris kasar
2 buah cabe hijau, iris kasar
1 cm lengkuas memarkan
2 lembar daun salam
150 ml kecap manis
1/2 sdt terasi goreng
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
200 ml kaldu ayam/sapi atau 200 ml air dan 1 sdm kaldu ayam/jamur bubuk


Cara membuat:

• Potong-potong tempe ukuran kotak 1x1 cm.
• Goreng tempe dalam minyak banyak dengan api sedang hingga kuning. Jangan terlalu kering, cukup permukaan agak kering saja. Angkat dan tiriskan.
• Tumis bawang merah dan bawang putih hingga layu dan harum.
• Masukkan cabe merah dan cabe hijau, aduk hingga layu.
• Tambahkan terasi, daun salam dan lengkuas. Aduk-aduk hingga harum.
• Masukkan tempe, aduk-aduk hingga rata.
• Bumbui dengan kecap manis, merica, garam dan tuangi kaldu.
• Aduk-aduk dan kecilkan api, masak hingga kaldu susut dan bumbu meresap lalu angkat.

Untuk 6 porsi



Simak Video "Resep Tempe Mendoan"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)