Kapan Masuk Sekolah di Jawa Barat? Ini Ide Menu Sarapan Sehat untuk Anak

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 10 Jul 2020 09:00 WIB
Pabrik Permen Menu sarapan sehat. Foto: Istimewa
Jakarta -

Kapan masuk sekolah di Jawa Barat? Menjawab pertanyaan ini, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Jawa Barat, Ridwan Kamil menegaskan kegiatan belajar mengajar di sekolah hanya diizinkan di daerah dengan zona hijau yaitu Kota Sukabumi.

Dilansir dalam detikcom beberapa waktu lalu, Mendikbud Nadiem Makarim membolehkan anak-anak untuk tetap mengikuti metode pembelajaran dari rumah. Kebebasan ini juga berlaku untuk sekolah lainnya di zona hijau yang juga akan menerapkan KBM secara tatap muka.

Pemkot Sukabumi sendiri sudah bersiap melaksanakan kegiatan belajar mengajar untuk tingkatan SMP dan SMA. Selain mempersiapkan segala terkait persiapan pencegahan virus Covid-19, bunda juga perlu menyiapkan menu sarapan untuk anak ketika hendak sekolah.

Mengingat dalam kondisi new normal seperti saat ini anak-anak maupun remaja membutuhkan asupan makanan yang bergizi.

Terkait kapan masuk sekolah di Jawa Barat, ada beberapa ide menu sarapan yang bisa bunda siapkan untuk anak-anak:

1. Omelet

Resep omeletResep omelet Foto: Istimewa


Telur menjadi salah satu bahan yang mudah didapatkan dan harganya terjangkau. Bosan menikmati telur dengan caradidadar? Cobalah untuk menyajikan telur dengan campuran kentang dengan bawangbombay dan margarin.

Cara membuat omelet dengan campuran kentang bisa diolah dengan cara mengukus kentang hingga lunak dan menumisnya dengan bawang bombay. Lalu kocok telur masak dengan api kecil hingga matang.

Dengan sarapan omelet ini anak-anak tak perlu konsumsi nasi karena sudah terpenuhi karbohidratnya dari kentang. Masih bingung cara buatnya? Cek resep omelet dari detikFood di sini.

2. Nasi Goreng

cara membuat nasi goreng kampungcara membuat nasi goreng Foto: iStock


Sarapan untuk anak sebelum berangkat ke sekolah sebaiknya pilih yang praktis. Nasi goreng bisa jadi pilihan makanan yang lengkap gizi. Nasi goreng bisa diolah dengan beberapa bahan seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah dan garam. Jenis proteinnya bisa disesuaikan dengan lauk yang ada di rumah bisa telur, udang,suwiran ayam hingga bakso.

Berikut resep nasi goreng dari detikFood, cek di sini.

3. Sandwich

Resep sandwichResep sandwich Foto: Istimewa


Ingin membuat sarapan praktis tapi bergizi? Cobalah membuat sandwich yang dibuat dengan isian telur dan daun selada. Agar lebih mengenyangkan dan tinggi serat, kamu bisa mengganti roti putih dengan roti gandum.

Penasaran bagaimana membuat sarapan sehat untuk anak? Cek resepnya di sini.

4. Bobor Bayam

resep sayur boborresep sayur bobor Foto: detikfood


Sayur bayam menjadi salah satu hidangan sehat dan cocok disantap untuk sarapan. Dalam 100 gram bayam hijau mengandung energi sebesar 16Kkal, protein 0,9 gr, lemak 0,4 gr, karbohidrat 2,9 gr, kalsium 166 mg, serat 0,7 gr, zat besi 3,5 mg dan 41 mg vitamin C.

Saat membuat bobor bayam, kamu bisa mencampurkannya dengan potongan labu siam, tempe serta jagung manis. Ini resep bobor bayam yang bisa jadi inspirasi.

5. Tumis Kangkung

Delicious Cah Kangkung, Delicious stir fried water spinach or kale. Indonesian foodtumis kangkung Foto: iStock

Kangkung paling enak diolah dengan cara ditumis. Cukup siapkan bawang putih, jahe, bawang merah, terasi goreng, ebi, saus tiram, gula pasir, merica bubuk hingga kaldu bubuk.

Jika sudah pasti kapan masuk sekolah di Jawa Barat, bunda bisa coba menyiapkan tumis kangkung. Cek resepnya di sini.

Dengan menikmati sarapan dan makan-makanan sehat, sistem imunitas anak akan meningkat sehingga akan terhindar dari virus corona saat masuk sekolah.





Simak Video "Mencoba Lembutnya Kopi Mangrove"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)