Gawat! Batuk Tak Kunjung Sembuh Ternyata Bocah Ini Menelan Baut

Devi Setya - detikFood Minggu, 05 Jul 2020 14:30 WIB
bayi makan benda asing Foto: twitter @@0xfara/istock
Jakarta -

Seorang dokter membagikan pengalaman mengerikan yang dialami oleh pasiennya. Seorang bocah batuk tak kunjung sembuh, ternyata ia menelan baut!

Lewat twitter @oxfara, Dokter Shela Putri Sundawa menceritakan pengalamannya menanangi pasien seorang anak-anak. Ia datang dengan keluhan batuk dan demam yang tak kunjung reda. Sakitnya ini tak berkurang, bahkan setelah diberikan obat.

Fakta terungkat saat dr. Shela melakukan pemeriksaan dengan foto rontgen. Betapa terkejutnya dr. Shela begitu mengetahui ada baut bersarang di dalam tubuh bocah kecil ini.

bayi makan benda asingbayi makan benda asing Foto: twitter @@0xfara/istock


Baca juga : Makan Pisau hingga Bohlam, Ini Kelainan Makan yang Paling Aneh


"Anak datang dengan keluhan demam, batuk ga sembuh2 walaupun udah diberikan obat, begitu di foto ternyata ada benda asing. Buat yg punya anak kecil, hati2 ya naruh barang2 yg kecil dan mudah tertelan," tulis dr. Shela pada unggahan tanggal 3 Juli 2020.

Unggahan ini juga dilengkapi hasil foto rotgen pasien. Terlihat jelas ada sebuah baut kecil yang bersarang di tubuh bocah kecil ini. Baut ini tampaknya tersangkut pada salah satu bagian organ tubuh sehingga tak bergerak.

Foto ini lantas menarik banyak perhatian, cuitan ini bahkan sudah dibagikan ulang hingga lebih dari 1.900 kali dan mendapat lebih dari 3.000 likes serta ribuan komentar. Dari komentar yang masuk, ternyata banyak juga yang membagikan pengalaman serupa. Tak hanya baut, anak-anak bahkan pernah diketahui menelan magnet, baterai hingga asyik makan silet.

"Ya Ampun :( itu kenapa baut bisa ada di paru paru??? Ngga cuma baut aja sih, bahkan biji bijian macam jagung, kacang, kedelai juga bisa iseng dimasukin ke idung. Semoga lekas sembuh buat adeknya. Hati hati dan selalu awasi yg punya anak dirumah," kata netizen.

"Barusan semalem jaga. Ibu2 bawa anaknya yang nelen batre A3. Entah gimana ceritanya dan lagi apa itu si ibu sampe gak tau kegiatan anaknya," kata satu netizen.

"Anak2 balita emang harus diawasi dengan ketat. Adik saya pernah ditinggal sebentar aja tau-tau udah ngemut silet, tapi Alhamdulillah siletnya bisa segera diambil tanpa ada perlawanan dan gak ada luka di mulutnya," kata netizen yang punya pengalaman serupa.

"Anaknya susterku pernah demam naik turun, trus dari lubang hidungnya ada bau busuk. Ternyata ada cotton bud dan serpihan lakban di rongga hidung. Ternyata dia iseng masukin lakban ke hidung trus pas mampet dicolok pake cotton bud yg akhirnya nyangkut juga," beber netizen.

bayi makan benda asingbayi makan benda asing Foto: twitter @@0xfara/istock


Baca juga : Makan Sabun hingga Bedak Bayi, 5 Wanita Ini Punya Kebiasaan Makan Aneh


Bukan hanya aksi balita yang menelan benda asing, ada juga kejadian berbahaya yang terjadi karena lalainya orang tua saat mengawasi anak-anak. Kisah ini bahkan dibagikan netizen bernama Syifa lewat akun @melovingbtsaf.

"Hampir sama kejadian nya kaya aku wkt umur 7bln mba, kata mama wkt itu mama lg bikin kopi buat papa ku, trs aku di baby walker gt, trs ngerambet gelas kopi yang baru di tuang air panas. alhasil setengah badan ku kena, ngebekas sampe skrg aku udh umur mau 24," beber Syifa yang bahkan luka siraman air panas ini berbekas hingga ia dewasa.

Menjaga anak balita memang tidak mudah, orang tua harus mengawasi 24 jam agar anak tidak luput dari perhatian. Secara alami, anak-anak akan merasa penasaran dengan segala sesuatu. Tak jarang mereka memasukkan benda asing karena mengira makanan.



Simak Video "Menyantap Gulai Tambusu yang Lamak Bana di Resto Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)